Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b

Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b. Sebelumnya adminsudah perna memposting artikel terkait Cara Update Aplikasi Dapodik 2020.b dan juga sudah perna memposting terkait cara mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodik.

Alhamdulillah admin pada kesempatan kali ini admin memberikan tutorial mengenai Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen 2020.b.

Pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.b sebelum kepala sekolah melakukan sinkronisasi, terdapat fitur baru yaitu lembar konfirmasi sinkronisasi. Hal ini ditujukan agar sekolah lebih teliti khususnya dalam hal keakuratan dan kebenaran data yang dikirimkan ke server Dapodik.

Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b

Untuk memulai sinkronisasi, Login menggunakan akun kepala sekolah atau gunakan fitur tukar pengguna (baca hal. 34). Lembar konfirmasi ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap awal, untuk melakukan sinkronisasi, login dengan akun kepala sekolah, lalu klik menu sinkronisasi. Lalu akan tampil beranda lembar konfirmasi. Klik tombol lanjut untuk melanjutkan.
Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b

Selanjutnya, terdapat lima tabel yang ditampilkan yaitu tabel GTK, pembelajaran, peserta didik, sarana dan prasarana, dan sekolah.
Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b

Klik tombol tampilkan untuk menampilkan detail per tabel. Pastikan centang semua isian. Jika ada isian yang belum dicentang, konfirmasi tidak bisa dilakukan dan tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jika sudah mencentang semua isian, klik tombol konfirmasi dan klik tombol lanjut.
Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b

Selanjutnya pastikan data yang dikonfirmasi sudah sesuai sebelum melakukan sinkronisasi. Berikut adalah tampilan persetujuan pengiriman data. Klik tombol lanjutkan sinkronisasi untuk melanjutkan.
Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b

Tahap berikutnya adalah maklumat integritas kepala sekolah. Maklumat ini berisi pernyataan bahwa data yang dikirim ke server Dapodik adalah benar dan sesuai dengan fakta di sekolah. Klik tombol lanjut untuk melanjutkan.
Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b

Setelah tahap ketiga selesai maka selanjutnya akan tampil laman sinkronisasi. Metode dan laman sinkronisasi masih sama seperti pada versi sebelumnya.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih. Semoga artikel mengenai Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020.b  ini bermanfaat buat rekan-rekan semua, Aamiin.