Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum

Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum.

Perubahan Mekanismen penyaluran dan pencairan dana bantuan operasional Sekolah (BOS), yang dulunya dicairkan pertriwulan atau per 3 bulan, sedangkan yang sekarang adalah pertahap.

Untuk memantau pencairan BOS dan penyaluran dana BOS bisa kita pantau sendiri oleh, kepala sekolah, bendahara atau operator sekolah secara onlie melalui laman https://bos.kemdikbud.go.id tanpa melakukan login menggunakan user Aplikasi Dapodik atau alternatif login yang tersedia untuk bisa login dengan mudah ke BOS Kemdikbud dengan cepat dan mudah.

Perlu diketahui besarnya dana yang disalurkan kepada sekolah baik pada jenjang SD, SMP, SMA  ataupun SMK berdasarkan jumlah peserta didik yang terdaftar valid dalam aplikasi Dapodik ya. 

Jadi jika anda mau memantau dana yang disalurkan ataupun yang sudah cair semua bisa mengeceknya pada website https://bos.kemdikbud.go.id baik itu mau cek pada tahap I, Tahap II ataupun pada Tahap III nantinya bisa kita pantau sendiri dan bisa diakses oleh semua orang pastinya dan cara mengeceknyanya sangat mudah.

Sebagaimana pada penyaluran tahap I kemaren, penyaluran dana BOS tidak langsung disalurkan sekaligus, tetapi terbagi menjdai 3 gelombang. Jadi dalam pengambilan dan BOS, anda yang sebagai kepala sekolah dan bendahara sekolah agar selalu memperhatikan dan mengikuti aturan yang berlaku atau prosedur protokol penganan COVID-19. Jadi Saat anda mau mencairkan Dana BOS, anda harus Cuci tangan dulu sebelum memasuki Bank, dan jangan lupa gunakan masker dan juga jaga jarak tempat duduk saat menunggu antrian ya.

Oke langsung saja ya mengenai Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum pada Tahap II tahun 2020 ini berikut penjelasannya :
Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum

Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum
  1. Silahkan anda kunjungi https://bos.kemdikbud.go.id/index.php
  2. Kemudian silahkan anda geser kebawah dan cari menu Menu masuk website
  3. Nah terus silahkan anda klik menu masuk website ya
    Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum
  4. Nah anda akan masuk ke beranda BOS dan akan ada menu Home, Berita, Penyaluran, Penggunaan Dana, Pengaduan, Hubungi kami, peraturan, dan Menu SIPLah.
    Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum
  5. Silahkan anda klik menu penyaluran, dan silahkan klik menu laporan penyaluran jika ingin cek laporan penyaluran, jika anda ingin cek laporan pencairan silahkan anda klik cek laporan pencairan ya.
  6. Jikan anda ingin melihat laporan pencairan silahkan pilih dan klik laporan Pencairan untuk memantau pencairan dana BOS.
  7. Setelah itu pilih isian data sesuai data sekolah anda , mulai dari data jenjang sekolah, status sekolah, provinsi, kabupaten, tahap dan tahun sesuai data yang ingin kita lihat.
    Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum
  8. Jika nama sekolah anda belum muncul di tahap sekarang, maka kemungkinan besar dana bos sekolah kita dana BOS nya akan masuk pada gelombang berikutnya
  9. Apabila sekolah anda dana BOSnya sudah bisa dicairkan jangan lupa digunakan sesuai RKAS dan segera dilaporkan penggunaannya melalui BOS online sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  10. Jangan menggunakan Dana BOS yang menyalahi aturan atau menyalahi JUKNIS BOS.

Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Cek Penyaluran Dan Pencairan BOS Online Apakah Sudah Cair Apa Belum yang dapat admin jelaskan, semoga artikel yang admin posting ini bisa bermanfaat buat rekan-rekan semua, Aamiin.