Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi Dapodik 2020 Secara Online dan Offline

Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi Dapodik 2020 Secara Online dan Offline - Halo sabat Operator, gimana kabarnya,semoga selalu diberikan kesehatan ya. Pada Kesempatan Kali ini admin akan membagikan cara Instal Aplikasi dapodik Versi 2020 yang terbaru. 

Data Pokok Pendidikan, yang selanjutnya disingkat Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui (update) secara online.

Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan nasional dan melaksanaan program-program pendidikan yang tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus diperbaharui (update) secara realtime. Denga ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan update secara realtime tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.
Sistem pendataan Dapodik telah terbukti dan teruji berhasil mengumpulkan kuantitas data mencapai lebih dari 99% dari total satuan pendidikan secara nasional. Tahap pengenalan sistem, integrasi, dan pemanfaatan data berhasil dilalui dengan baik. Data dari sistem pendataan Dapodik digunakan oleh program utama Kementerian seperti BOS, Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, Bantuan RKB, dan program lainnya.

Sekolah memiliki dua sistem pengelolaan data pokok pendidikan yaitu aplikasi dapodikdasmen dan manajemen dapodikdasmen, keduanya saling terkait, memiliki fungsi dan batasan fitur yang berbeda dalam melengkapi proses entri data pokok pendidikan.

Baca Juga : Cara Updater Patch Aplikasi Dapodik 2020.a

Kode registrasi merupakan kode unik kombinasi angka dan huruf yang bersifat rahasia dan milik sekolah. Akun dapodikdasmen berupa username(email) dan password bersifat rahasia dan milik sekolah. Kode registrasi dan akun sekolah dapat dibuat dengan syarat sekolah harus sudah memiliki NPSN.
Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi Dapodik 2020 Secara Online dan Offline
Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi Dapodik 2020 Secara Online dan Offline

Spesifikasi
Sesuai dengan juknis BOS pada Permendikbud No 18 Tahun 2019 tentang spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu:
a) processor Intel Core i3 atau yang setara;
b) memori standar 4 GB DDR3;
c) hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
d) sistem operasi Windows 10;
e) aplikasi terpasang peramban google chrome atau mozilla firefox

Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi Dapodik 2020 Secara Online dan Offline
Panduan ini menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020. Proses instalasi dengan status normal akan berlangsung sekitar 15 menit. Selengkapnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Siapkan file installer yang sudah diunduh. Sebelum melakukan instalasi, sangat disarankan untuk menutup program lainnya.
  2. Klik ganda file installer, jika muncul security warning, pilih “Yes” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “Run Anyway”. Selanjutnya akan ditampilkan tampilan jendela aplikasi Dapodik, pilih “Lanjut”.
  3. Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Saya Setuju” dan klik “Lanjut”.
  4. Selanjutnya pada jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
  5. Pilih folder Start Menu. Secara default, sistem akan otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
  6. Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.
  7. Proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen sedang berjalan. Tunggu hingga proses pemasangan ini selesai.
  8. Untuk mengakhiri proses pemasangan Aplikasi Dapodikdasmen, klik “Selesai”.
  9. Setelah proses instalasi maka akan muncul ikon Aplikasi Dapodikdasmen di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.
  10. Selesai
Untuk Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi Dapodik 2020 Secara Online dan Offline Dengan Gambar Silahkan Klik link di bawah ini :
Itulah Penjelasan singkat mengenai Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi Dapodik 2020 Secara Online dan Offline yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat Aamiin.

Baca Juga : Cara Install Aplikasi Dapodik Versi 2020 Lengkap Dengan Gambar