Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019. Pada Pendaftaran Seleksi PPG Daljab Tahun 2019 sudah terdapat Juknis dan Alur PPG tersebut. Pada Seleksi PPG ini sudah ada keterangan mengenai Jadwal atau kalender Akademik PPG 2019.

Pada Seleksi Kemampuan Akademi PPG Daljab 2019 ini rekan-rekan semua perlu mengetahui Ketentuannya seperti Kategori Peserta, Persyaratan Peserta, Tata Cara Pendaftaran dan juga melihat Jadwal Seleksi PPG Daljab 2019.

Berikuta ini admin jelaskan mengenai Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 di bawah ini :
Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Kategori, Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Peserta
Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2019 Program PPG Dalam Jabatan

A. Kategori Calon Peserta PPG Daljab 2019

Calon peserta adalah Guru Tetap di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan kriteria sebagai berikut.
  1. Belum pernah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik.
  2. Telah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik, namun belum mencapai nilai minimum yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti.
  3. Telah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik, namun mengalami perubahan pilihan bidang studi PPG.
Baca Juga : Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020

B. Persyaratan Calon Peserta PPG Daljab 2019

Calon peserta wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  1. Guru Tetap yaitu guru yang status kepegawaiannya PNS dan Non PNS serta Guru Tetap Yayasan (GTY) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau diangkat oleh yayasan berdasarkan perjanjian kerja di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau masyarakat yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  2. Terdaftar pada Data Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
  3. Diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Desember 2015.
  4. Memiliki NUPTK.
  5. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi, dibuktikan dengan scan ijazah S-1/ D-IV dan sesuai dengan bidang studi pada PPG yang akan diikuti.
  6. Berusia setinggi-tingginya 57 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2019.
  7. Sehat jasmani dan rohani.
  8. Guru   mencetak   kartu   peserta   seleksi   kemampuan   akademik   tahun   2019   melalui   laman http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id.
  9. Guru mengikuti seleksi kemampuan akademik pada waktu dan tempat yang tercantum pada kartu peserta.
  10. Pengumuman      hasil      seleksi      kemampuan      akademik      dapat      dilihat      pada      laman http://sergur.kemdikbud.go.id.
  • Apabila mengalami kendala pada saat pendaftaran karena perbedaan data, Guru diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan data pada Dapodik dan melakukan proses sinkronisasi hingga tanggal 14 Oktober 2019
  • Pelaksanaan verifikasi dan validasi proses pendaftaran seleksi kemampuan akademik dilakukan oleh LPMP dengan memperhatikan:
  1. Kesesuaian atau linieritas antara bidang studi PPG yang dipilih dengan program studi pada ijazah S-1/D-4.
  2. SK dua tahun terakhir sebagai Guru Tetap.
  • Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.
  1. “Diterima” jika bidang studi PPG yang dipilih linier dengan program studi pada ijazah S-1/D-IV dan memiliki SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap.
  2. “Ditolak” jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan atau/serta tidak dapat menunjukkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap sampai batas waktu verifikasi berakhir. Contoh kasus : Guru dengan kualifikasi akademik S- 1/D-IV Hubungan Internasional tidak linier dengan bidang studi PPG yang tersedia.
  3. “Diperbaiki’  jika  bidang  studi  PPG  yang  dipilih  tidak  linier  dengan  ijasah  S-1/D-IV  tetapi dimungkinkan adanya perbaikan dan/atau tidak melampirkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap. Contoh kasus: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris memilih bidang studi PPG Guru Kelas SD, maka agar dapat diterima sebagai peserta seleksi kemampuan akademik, guru harus memperbaiki pilihan bidang studi PPG menjadi Bahasa Inggris. Perbaikan data ajuan dapat dilakukan paling lambat 26 Oktober 2019.

D. JadwaCalon Peserta PPG Daljab 2019

No
Kegiatan
Waktu

1
Pendaftaran calon peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 oleh Guru
30 September - 23 Oktober 2019

2
Verifikasi dan validasi linieritas antara bidang studi PPG
dengan ijazah S-1/D-IV dan SK Guru Tetap oleh LPMP
2 Oktober - 29 Oktober 2019
3
Penetapan TUK oleh LPMP
14 - 18 Oktober 2019

4
Penempatan (Plotting) TUK calon peserta seleksi
kemampuan akademik tahun 2019 oleh LPMP
30 Oktober - 4 November 2019

5
Cetak kartu calon peserta seleksi kemampuan akademik
tahun 2019 oleh Guru
5 - 9 November 2019

6
Pelaksanaan seleksi kemampuan akademik di TUK oleh
Ditjen GTK
11 - 23 November 2019

Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Dalam  rangka  pelaksanaan   sertifikasi   bagi guru  dalam  jabatan   melalui  Pendidikan   Profesi  Guru  (PPG)  Dalam Jabatan,   Direktorat   Jenderal   Guru  dan  Tenaga  Kependidikan    Kementerian   Pendidikan    dan Kebudayaan   akan melakukan   seleksi  kemampuan    akademik   tahun  2019  program   PPG  Dalam  Jabatan.   

Pelaksanaan   PPG  Dalam Jabatan   berpedoman    pada   Peraturan    Pemerintah   Nomor    19 Tahun   2017  tentang   Perubahan   atas  Peraturan Pemerintah   Nomor  74 Tahun  2008 Tentang  Guru serta Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan Kebudayaan  Nomor  37 Tahun  2017 tentang  Sertifikasi   Bagi  Guru Dalam Jabatan  yang Diangkat  sampai  dengan  Akhir Tahun  2015.
Sehubungan   dengan hal tersebut,  dengan  hormat kami sampaikan  informasi  terkait  dengan  persiapan  pelaksanaan Seleksi  Kemampuan   Akademik   Tahun  2019 bagi program  PPG Dalam  Jabatan  sebagai  berikut.

  1. Calon  peserta  Seleksi  Kemampuan   Akademik  Tahun  2019  adalah  guru tetap  yang  diangkat  sampai  dengan tanggal  31 Desember   2015
  2. Calon  peserta  melakukan   pendaftaran   melalui  laman  bttp:llgtk.beJajar.lierndil{bud.go.id          dengan  mengisi bidang  studi PPG yang  dipilih  sesuai  dengan  ijazah  S-lID-IV.
  3. Verifikasi   dan validasi  akan dilakukan  untuk melihat  :
a. Linieritas   antara  program   studi  kualifikasi   akademik   S-I/D-IV   dengan  bidang   studi  PPG  yang  telah ditetapkan  oleh calon peserta.  Acuan verifikasi  data menggunakan   tabellinieritas    sebagaimana  terlampir.

b.SK dua tahun  terakhir   sebagai  guru tetap  yaitu  guru yang  status  kepegawaiannya    PNS  dan Non  PNS serta Guru Tetap  Yayasan   (GTY)  yang diangkat  oleh pejabat  pembina  kepegawaian  atau diangkat  oleh yayasan  berdasarkan   perjanjian  kerja di satuan pendidikan  yang diselenggarakan   oleh pemerintah  daerah atau masyarakat.

4. Calon  peserta  yang dinyatakan   lolos  verifikasi  dan validasi  akan mengikuti  seleksi  kemampuan   akademik  di temp at uji kompetensi   (TUK)  yang  ditentukan.

5. Persyaratan,   tata cara pendaftaran,jadwal     pendaftaran,jadwal     seleksi  kemampuan   akademik  tahun 2019, dan daftar  linieritas  bidang  studi  PPG  dengan  ijazah  S-I/D-IV  tertera  pada Lampiran  I dan II.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Pendaftaran Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 yangdapat admin jelaskan, semoga bermanfaat buat rekan-rekan semua,Aamiin.

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi Dapodik 2020 Error Terdeteksi Versi Database 2.98d

Baca Juga : Contoh Soal Seleksi Program PPG 2019/2020