-->

Beberapa Pertanyaan Terkait Sensus Penduduk 2020 atau SP2020

Beberapa Pertanyaan Terkait Sensus Penduduk 2020 atau SP2020 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Beberapa Pertanyaan Terkait Sensus Penduduk 2020 atau SP2020. Nah mulai tahun 2020 ada pendaftaran Petugas atau Lowongan Sensus Penduduk ditahun 2020. Anda bisa mengaksesnya di link berikut ini : sensus.bps.go.id 2020

Jadi bagi anda yang tau banyak mengenai Rekrutmen Petugas Sensus penduduk silahkan kunjungi link tadi ya, lumayan kan bekerja sebagai Petugas Sensus pendudukan kan lumayan Honor nya tuh hehe.

Baiklah ke poin pertama ya, admin akan membahas terkait Cara Daftar Sensus Penduduk 2020 di bps.go.id. nahh anda silahkan baca pembahasannya dulu pada artikel dibawah ini ya.

Mengapa Sensus Penduduk Online..?
Dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus Penduduk Online.

Literasi masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang semakin baik.

Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.
Bentuk orang bergandengan dan mengangkat tangan mewakili kegiatan sensus penduduk di mana penduduk merupakan elemen utamanya serta diperlukan keterlibatan seluruh warga Indonesia dalam mensuskseskan Sensus Penduduk 2020. 

Bentuk pita tali yang tersambung menggambarkan bahwa kegiatan sensus penduduk merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Pita tali ini juga menggambarkan grafik data dan tanda centang (check list), menunjukkan kegiatan Sensus Penduduk 2020 dilakukan secara profesional dan memastikan semua warga terdaftar Sensus Penduduk 2020.

Beberapa Pertanyaan Terkait Sensus Penduduk 2020 atau SP2020

Beberapa Pertanyaan Terkait Sensus Penduduk 2020 atau SP2020
Kapan Rekrutmen Petugas SP2020..?
Proses rekrutmen petugas SP2020 secara umum akan dimulai pada bulan Maret 2020. Untuk itu, sering cek informasi pembukaan rekrutmen petugas sensus melalui kantor BPS terdekat atau membuka website kantor BPS di wilayah.

Apa itu Sensus Penduduk 2020 (SP2020)..?
Sensus penduduk berarti perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Data yang dicapai, biasanya tidak hanya meliputi jumlah orang, tetapi juga fakta mengenai misalnya jenis kelamin, usia, bahasa, dan hal-hal lain yang dianggap perlu.

Apa Tujuan dilaksanakannya SP..?
Menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia
Menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteritstik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs

Kapan SP2020 dilaksakan..?
SP2020 akan dilaksanakan dalam dua tahapan:

Sensus Penduduk Online (15 Februari s.d. 31 Maret 2020)  yang memungkinkan penduduk untuk mengisikan informasinya secara mandiri.
Sensus Penduduk Wawancara (1 s.d. 31 Juli 2020). Petugas Sensus akan melakukan wawancara kepada penduduk yang belum dapat berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online.     

Bagaimana Metode Pelaksanaan SP2020..?
Pelaksanaan SP2020 menggunakan Metode Kombinasi, yaitu menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus sebagai prelist ketika dilapangan. Kemudian pada tahap berikutnya akan dilengkapi dengan sampel survei.
Apa saja moda pengumpulan data SP2020..?
Dilakukan dengan berbagai moda:

- CAWI (Computer Aided Web Interviewing) --> Pengisian informasi kependudukan secara mandiri melalui aplikasi web
- CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) --> Petugas menggunakan kuesioner elektronik dalam gawai (handphone) mereka dalam melakukan wawancara.
- PAPI (Pencil and Paper Interviewing) --> Petugas menggunakan kuesioner kertas dalam melakukan wawancara kepada responden
Pada saat pelaksanaan Sensus Penduduk Online digunakan moda CAWI, sedangkan pada pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara menggunakan moda CAPI/PAPI.

Apa Saja Pertanyaan pada SP2020..?
Variabel individu terdiri dari:
1. Nama lengkap
2. NIK
3. Alamat
4. Lama tinggal pada alamat saat ini
5. Jenis Kelamin
6. Tempat dan tanggal lahir
7. Kewarganegaraan
8. Suku bangsa
9. Agama
10. Bahasa yang digunakan
11. Status hubungan dengan Kepala keluarga
12. Status perkawinan

Variabel Pekerjaan:
13. Aktivitas yang biasa dilakukan
14. Pekerjaan
15. Status Pekerjaan

Variabel Pendidikan:
16. Ijazah/pendidikan tertinggi

Variabel Perumahan:
17. Status Kepemilikan rumah yang ditempati saat ini
18. Listrik
19. Sumber air minum
20. Kepemilikan jamban
21. Jenis lantai terluas

Dimana Pelaksanaan SP2020...?
Seluruh wilayah Indonesia  
(termasuk Perwakilan RI yang ada di luar negeri/teritorial Indonesia beserta keluarga)
Beberapa Pertanyaan Terkait Sensus Penduduk 2020 atau SP2020

Sensus Penduduk Online merupakan salah satu tahap SP2020 dimana penduduk dapat mengisikan informasinya secara mandiri melalui web sensus.bps.go.id

Sensus Penduduk Online dilaksanakan pada tanggal 15 Februari -31 Maret 2020.

Membuka situs Sensus Penduduk Online (sensus.bps.go.id) kemudian memasukan identitas (seperti NIK dan nomor KK). Situs dapat diakses pada tanggal 15 Februari -  31 Maret 2020.

Menyediakan KTP, KK, dan akte pernikahan/perceraian jika memiliki.

Informasi yang diberikan dijamin kerahasiaannya dengan Undang-Undang nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik. Untuk menjalankan amanah ini, aplikasi Sensus Penduduk Online dengan tingkat keamanan tinggi.

Bisa, seluruh anggota dalam daftar Kartu Keluarga (KK) dapat masuk dan mengisi Sensus Penduduk Online dengan menggunakan NIK masing-masing dan Kode Akses.

Bantu kami untuk memberitahukan kepada anggota keluarga yang pindah tersebut untuk mengisikan informasi terbaru melalui Sensus Penduduk Online.
Dapat menambahkan anggota keluarga yang belum tercatat di kartu keluarga dengan catatan anggota keluarga baru tersebut tinggal bersama Bapak/Ibu.
Dapat memilih kategori lainnya dan selanjutnya mengisikan nama, jenis, dan deskripsi pekerjaan Bapak/Ibu selengkap-lengkapnya pada kolom isian deskripsi pekerjaan di sistem.

Data administrasi kependudukan yang menjadi data dasar sensus penduduk 2020 adalah kondisi bulan Juni 2019. Sehingga salah satu kemungkinan terjadinya situasi yang Bapak/Ibu alami karena Bapak/Ibu telah memperbarui data NIK dan KK (misalnya pecah KK atau gabung KK) setelah Juni 2019. Bapak/Ibu dapat menghubungi contact center kami di 2020 atau membuka layanan chat dengan petugas kami di aplikasi sensus.bps.go.id
Sensus Penduduk Online akan berakhir pada 31 Maret 2020. Setelah tanggal ini, penduduk tidak lagi dapat mengisikan informasi kependudukannya melalui Sensus Penduduk Online. Namun pada bulan Juli 2020 akan ada petugas yang akan datang ke rumah untuk mendata.

NIK, Nama, dan Jenis Kelamin merupakan isian yang tidak dapat diubah

Alamat merupakan pertanyaan yang wajib dijawab. Dengan membantu kami mengisikan alamat domisili/tempat tinggal, maka telah berkontribusi dalam upaya mempertajam program pemerintah nantinya.

Captcha adalah kode khusus yang ditampilkan di layar dan harus disalin. Kode ini dipasang untuk alasan keamanan agar informasi keluarga tetap aman, dan tidak ada robot yang bisa melakukan pencurian terhadap data yang diberikan.

Perbedaan yang terjadi pada data Dukcapil dan data pada Sensus Penduduk Online kemungkinan besar dikarenakan data adminduk yang digunakan untuk Sensus Penduduk Online adalah data versi Juni 2019. Perubahan data adminduk yang terjadi setelah periode tersebut tidak terakomodir sebagai data dasar (prefilled) pada Sensus Penduduk Online.

Data administrasi kependudukan yang menjadi data dasar sensus penduduk 2020 adalah kondisi bulan Juni 2019. Ketika membuka Sensus Penduduk Online, akan bisa melihat data administrasi kependudukan dan dapat memeriksa apakah data tersebut sudah sesuai dengan kondisi terkini. Jika belum sesuai, maka masyarakat dapat memperbaruinya.
Informasi yang diberikan dijamin kerahasiaanya oleh undang-undang. Data yang dipublikasikan adalah data jumlah penduduk dan karakteristiknya (jenus kelamin, pendidikan,usia, dll). Data agregat ini yang akan digunakan oleh pemerintah daerah setempat dalam menyusun program kebijakan secara makro.
Penambahan anggota keluarga baru dapat dilakukan pada halaman "Daftar Anggota Keluarga" pada baris paling bawah pada list nama anggota keluarga dapat langsung diketikkan nama anggota keluarga yang ingin ditambahkan.
Keterangan perumahan diisikan dengan tempat tinggal saat ini.
Perbedaan yang terjadi pada data Dukcapil dan data pada Sensus Penduduk Online kemungkinan besar dikarenakan data adminduk yang digunakan untuk Sensus Penduduk Online adalah data versi Juni 2019. Perubahan data adminduk yang terjadi setelah periode tersebut tidak terakomodir sebagai data dasar (prefilled) pada Sensus Penduduk Online.

Perbedaan yang terjadi pada data Dukcapil dan data pada Sensus Penduduk Online kemungkinan besar dikarenakan data adminduk yang digunakan untuk Sensus Penduduk Online adalah data versi Juni 2019. Perubahan data adminduk yang terjadi setelah periode tersebut tidak terakomodir sebagai data dasar (prefilled) pada Sensus Penduduk Online.

Isian NIK sudah dibatasi 16 Digit dengan pemisah setiap 4 digit untuk memastikan tidak ada spasi yang terinput

Untuk mengetahui apakah pengisian sensus penduduk online sudah berhasil atau tidak, dapat di lihat pada halaman ringkasan yang akan muncul setelah mengisikan semua anggota keluarga. Pada halaman ini akan dimunculkan mana isian anggota keluarga yang masih ada kesalahan dan yang mana sudah benar. Jika semua isian sudah benar namun masih ada yang perlu diperbaiki, dapat mengklik tombol simpan. Namun jika dirasa sudah benar, dapat mengirim hasil Sensus Penduduk Online dengan mengklik tombol kirim. Selanjutnya dapat mendownload bukti pengisian Sensus Penduduk Online.

Untuk mengisi Sensus Penduduk Online dapat menggunakan NIK yang terdaftar dalam Kartu Keluarga, tidak harus menggunakan NIK Kepala Keluarga.

Dapat login kembali dan melengkapi isian pertanyaan pada Sensus Penduduk Online selama belum mengklik tombol kirim. Jika sudah mengklik tombol kirim, maka tidak dapat melakukan perubahan pada data yang sudah diisi.

Bisa, asal masih terdaftar pada KK yang sama. Setiap anggota keluarga dapat diupdate walaupun sudah tinggal di tempat yang berbeda.

Perbedaan yang terjadi pada data Dukcapil dan data pada Sensus Penduduk Online kemungkinan besar dikarenakan data adminduk yang digunakan untuk Sensus Penduduk Online adalah data versi Juni 2019. Perubahan data adminduk yang terjadi setelah periode tersebut tidak terakomodir sebagai data dasar (prefilled) pada Sensus Penduduk Online.

Pada saat selesai mengisi Sensus Penduduk Online (setelah klik kirim) akan ada tombol untuk mengunduh bukti selesai Sensus Penduduk Online dan atau dikirimkan via email.
Perbedaan yang terjadi pada data Dukcapil dan data pada Sensus Penduduk Online kemungkinan besar dikarenakan data adminduk yang digunakan untuk Sensus Penduduk Online adalah data versi Juni 2019. Perubahan data adminduk yang terjadi setelah periode tersebut tidak terakomodir sebagai data dasar (prefilled) pada Sensus Penduduk Online.

Perbedaan yang terjadi pada data Dukcapil dan data pada Sensus Penduduk Online kemungkinan besar dikarenakan data adminduk yang digunakan untuk Sensus Penduduk Online adalah data versi Juni 2019. Perubahan data adminduk yang terjadi setelah periode tersebut tidak terakomodir sebagai data dasar (prefilled) pada Sensus Penduduk Online.
Beberapa Pertanyaan Terkait Sensus Penduduk 2020 atau SP2020

Sensus Penduduk Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 1 -31 Juli 2020.

Meminta petugas untuk menunjukkan kartu petugas. Kemudian pada kartu petugas akan terdapat QRCODE yang apabila di scan akan menampilkan landing page SP2020 yang berisi identitas petugas.

Siapkan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Pernikahan/Perceraian jika memiliki.

Jika telah mengisi Sensus Penduduk online tidak akan didatangi oleh petugas sensus pada saat pelaksanaan Sensus Penduduk wawancara di Bulan Juli 2020.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Beberapa Pertanyaan Terkait Sensus Penduduk 2020 atau SP2020 yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekansemua, Aamiin.

Download Kuesioner SP2020


Download Juga :
Download RPP 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2
Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 5, Tema 6, Tema 7, Tema 8
Download RPP 1 Lembar Kelas 2 Kurikulum 2013 Tema 5, Tema 6, Tema 7, Tema 8
Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Kurikulum 2013 Tema 5, Tema 6, Tema 7, Tema 8
Download RPP 1 Lembar Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 6, Tema 7, Tema 8, Tema 9
Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Kurikulum 2013 Tema 6, Tema 7, Tema 8, Tema 9
Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Kurikulum 2013 Tema 6, Tema 7, Tema 8, Tema 9

Download RPP 1 Lembar Kelas X,XI,XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020 Semester 2

Baca Juga :
  1. Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP Offline 2019.11
  2. Cara Membuat Akun Komite Sekolah di Aplikasi PMP 2019.11
  3. Cara Mengatasi Disconnect Saat Sinkron Aplikasi PMP 2019.11
  4. Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020
  5. Cara Mengatasi Kuesioner PMP 2019.11 Tidak Muncul 100% Pengisiannya
  6. Cara Mengatasi Jawaban Kuesioner Tidak Terbaca di Progres Pengisian Pada Aplikasi PMP Offline 2019.11.21
  7. Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi SIPLah
  8. Cara Hitung Rapor Mutu Pada Aplikasi PMP 2019.11.21