-->

Cara Menggunakan Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020)

Cara Menggunakan Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020) - rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara Menggunakan Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020). Nah pada Aplikasi Feeder telah ada update yaitu pada versi 1.0 Update 18022020

Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai Cara Menggunakan Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020).

1. Daftar
Untuk menjalankan Aplikasi Feeder Madrasah. Proses yang pertama dilakukan adalah memiliki Akun Operator EMIS. Jika sudah mengikuti pendataan melalui aplikasi online sebelumnya, Anda bisa melakukan Login Aplikasi.

2. Unduh Aplikasi
Setelah terdaftar, proses selanjutnya adalah mengunduh aplikasi feeder melalui website EMIS Dashboard atau link ke unduhan aplikasi http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/dashboard/index.php?content=aplikasi
3. Login Aplikasi
Untuk login keaplikasi yang pertama kali, pastikan perangkat yang akan dijalankan program aplikasi pendataan terhubung dengan internet, untuk login yang pertamakali perlu membutuhkan koneksi internet. Karen auser Login menggunakan user yang valid, data user disimpan di server dandiaksessecaraonline. SedangkanuntukLogin berikutnyatidakdiperlukankoneksikeInternet.

4. Ambil Data Lampau/Sinkronisasi Data Awal
Sinkronisasi Data awal diperlukan untuk mengambil data pada pendataan periode sebelumnya atau mengupdate data yang tersimpan di server. Karena pada saat pertamakali, yang baru ditarik otomatis adalah Data Profil lembaga, sedangkan komponen data lainnya, misalnya Siswa, Guru, Tendik dan Sarpras  masihNol(0). Sehingga Perlu Ambil Data untuk Objek Data lainnya selain Lembaga.
Cara Menggunakan Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020)

Cara Menggunakan Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020)

5. Pendataan
Pada aplikasi Feeder Madrasah, urutan pendataan dimulai dari:
1)Manajemen data kelembagaan,
2)Manajemen data Siswa,
3)Manajemen data GTK (Guru danTendik),
4)Manajemen data Sarana dan Prasarana.

Proses pendataan ini bisa dilakukan secara offline atau tidak perlukoneksi jaringan internet. Manajemen data yang dimaksud adalah proses melengkapi, memperbaiki dan update Kenaikan Kelas. Penambahan Data diperkenankan hanya untuk data yang tidak ada dalam referensi, yaitu Siswa Baru Kelas 1 MI dan Siswa Umum.
Sedangkan Manajemen Data untuk Proses Mutasi Siswa/Guru, Penambahan dan Hapus Data lainnyaharus dilakukan secara online, dengan tujuan menjaga Data Referensi.**

6. Sinkronisasi Data Akhir
Setelah semua data sudah terinput kedalam aplikasi secara lengkap dan benar, langkah selanjutnya adalah sinkronisasi data keserver. Proses ini membutuhkan koneksi internet. Untuk memeriksa Hasil Sinkronisasi ini bisa akses melalui Laman Monitoring Feeder http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/

7. Berita Acara Pendataan(BAP)
Proses terakhiradalahunduhBAP, setelahsemuaobjekpendataansecaralengkapsudahdilakukanupdate danvalid. MakaBAP bisadiunduhmelaluiLamanMonitoring Feeder.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih. Semoga artikel mengenai Cara Menggunakan Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Versi 1.0 (Update 18022020)  ini bermanfaat buat rekan-rekan semua, Aamiin.

Baca Juga :
  1. Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP Offline 2019.11
  2. Cara Membuat Akun Komite Sekolah di Aplikasi PMP 2019.11
  3. Cara Mengatasi Disconnect Saat Sinkron Aplikasi PMP 2019.11
  4. Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020
  5. Cara Mengatasi Kuesioner PMP 2019.11 Tidak Muncul 100% Pengisiannya
  6. Cara Mengatasi Jawaban Kuesioner Tidak Terbaca di Progres Pengisian Pada Aplikasi PMP Offline 2019.11.21
  7. Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi SIPLah
  8. Cara Hitung Rapor Mutu Pada Aplikasi PMP 2019.11.21