Download Juknis / Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020

Download Juknis / Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Juknis KSN / OSN SMP 2020. Nah Pada Juknis OSN ini merupakan Juknis atau Juklak terbaru pada Jenjang SMP tahun 2020.

Pada Juknis OSN 2020 SMP ini admin bagikan secara gratis ya. anda tinggal download pada link yangsudah admin sediakan yaitu Download Juknis OSN SMP 2020.

Pada buku Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekeolah menengah Pertama (SMP) Tahun 2020 ini adminbagikan secara gratis bagi ana yang ingin mendownloadnya silahkan anda klik yang download yang sudah admin sediakan dibawah ini ya.

Olimpiade Sains Nasional yang biasa disingkat OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Peserta OSN (sekarang berganti menjadi Kompetisi Sains Nasional, disingkat : KSN) adalah siswa yang telah lulus seleksi untuk setiap tingkatan, baik itu di Sekolah, Kab./Kota, dan Propinsi.

Baca Juga : 
JUKNIS OSN SD 2020
Download Juknis / Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020
Download Juknis KOSN (O2SN) Jenjang SMP Tahun 2020
Download Juklak KSN SD 2020

Mereka adalah siswa-siswi terbaik di bidang sains yang siap bertarung di bidang studi : Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Lahirnya gagasan KSN sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari upaya Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lebih mendekatkan peserta didik pada dunia sains.

Kompetisi bidang Sains yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjadi populer sejak tahun 2002 di Provinsi D.I. Yogyakarta, melalui penyelenggaraan yang dahulu disebut dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau yang sekarang berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP.
Download Juknis / Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020

Download Juknis / Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020
Kegiatan ini melibatkan stakeholder mulai dari sekolah, Dinas Pendidikan Kab./Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Instansi terkait yang mengembangkan peningkatan mutu di bidang sains.

Tema
“Mengembangkan kemampuan “4K” kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif siswa melalui Sains”

Pengertian Kompetisi Sains Nasional SMP
Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang sains bagi siswa SMP yang dilaksanakan secara
berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kab./kota, provinsi, dan nasional.

Bidang Lomba
a. Matematika
b. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
c. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Silabus KSN
Silabus KSN merupakan ruang lingkup materi yang diujikan. Ruang lingkup yang dikembangkan sesuai dengan bidang masing-masing, merujuk pada kurikulum nasional SMP yang berlaku dan silabus lomba internasional yang diikuti Direktorat Pembinaan SMP.

Persyaratan Peserta

  1. Berkewarganegaraan Indonesia;
  2. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada KSN SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
  3. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta, atau yang sederajat;
  4. Kelas 7 atau 8 pada Tahun Ajaran 2019/2020, saat mengikuti seleksi KSN di tingkat Kab./Kota dan Provinsi;
  5. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
  6. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah;
  7. Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti;
  8. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah;
  9. kepala sekolah; dan
  10. Setiap peserta hanya berhak mengikuti 1 (satu) bidang lomba.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Download Juknis / Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020 yang dapat bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan semua, Aamiin.