Download Format Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Terbaru Tahun 2021/2022

Download Format Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Terbaru Tahun 2021/2022 - download aplikasi penilaian kinerja guru atau PKG otomatis versi terbaru tentang semua dimanapun anda berada sebagai seorang guru yang memiliki harapan agar bisa melakukan tugas dan tanggung jawab yang baik serta patuh terhadap aturan dan juga loyal terhadap pimpinan.

Sebagai seorang guru ada begitu banyak tugas yang harus dikerjakan Mulai dari membuat perangkat pembelajaran sehingga harus mengajar yang menjadi tugas pokok sebagai seorang guru jadi kita membutuhkan administrasi kelas atau perangkat pembelajaran tersebut.

Dalam melakukan aktivitas mengajar maka kita atau pastinya ada poin penilaian yang akan diperoleh oleh seorang guru Jadi ibarat Siswa belajar untuk bisa mendapatkan nilai raport maka guru pun melakukan tugasnya juga agar mendapatkan nilai raport dari apa yang dikerjakan selama kita mengajar dalam satu semester atau dalam satu tahun.

Sebagai seorang guru yang mengajar di sekolah maka tentunya yang akan memberikan penilaian adalah pimpinan kita yaitu adalah kepala sekolah sebagai pimpinan guru kepala sekolah akan memberikan penilaian kepada masing-masing guru sesuai dengan kinerja guru masing-masing di sekolah tersebut.

Penilaian kinerja guru dilakukan agar guru dapat terus mengembangkan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengajar serta Untuk mengetahui tingkat Prestasi Kerja yang dicapai oleh guru tersebut jadi penilaian kinerja guru dilakukan setiap 1 tahun sekali dan penilaian yang diberikan yaitu berasal dari kepala sekolah .

Format Penilaian Kinerja Guru atau PKG sangat penting untuk dilakukan kepada setiap guru untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang yang profesional dibidangnya Oleh sebab itu penilaian kinerja guru haruslah dilakukan terhadap guru di semua satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Hasil dari penilaian kinerja guru dapat menjadi tolak ukur keberhasilan guru dalam melakukan tugasnya Selain itu hasil atau prestasi dari kinerja guru tersebut dijadikan sebagai salah satu perlengkapan atau pelengkap untuk syarat bagi seorang guru ketika akan melakukan proses kenaikan pangkat.

Jadi perlu diketahui Intrumen Penilaian Guru / PKG sangat penting untuk dilakukan bagi setiap guru yang akan melakukan proses kenaikan pangkat dari hasil kajian tersebut telah makan timnya guru dapat memperoleh angka kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pengusulan kenaikan pangkat.
Download Format Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Terbaru Tahun 2020/2021

Download Format Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Terbaru Tahun 2020/2021

Bapak ibu guru perlu dipahami pula bahwa penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru atau hanya untuk mencari-cari kesalahan atau kelemahan guru kemudian diberikan sanksi atau hukuman melainkan penilaian kinerja guru atau PKG dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional jadi Aplikasi PKG Guru ini sangat penting bagi pendidik.

Karena harkat dan martabat Suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu selain hal tersebut penilaian kinerja guru juga dimaksudkan untuk menunjukkan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya dengan memperbaiki segala kekurangan dan kelemahannya melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Perlu diketahui saat ini guru diharapkan untuk bisa lebih dalam melakukan tugasnya baik dalam hal mengajar ataupun dalam hal menyiapkan dokumen atau perangkat pembelajaran dalam hal menyebabkan dokumen yang menjadi administrasi pembelajaran di sekolahnya.

Jadi bagi guru yang memiliki kreativitas dan juga memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengerjakan Tugasnya di sekolah maka tentunya akan memperoleh nilai dan prestasi kerja yang baik nantinya hasil dari prestasi atau penilaian kinerja guru tersebut akan diberikan oleh asesor yang dalam hal ini adalah kepala sekolah yang dibuat dalam bentuk format PKG sesuai dengan format yang berlaku saat ini.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah aplikasi PKG yang mana Di dalam aplikasi PKG tersebut guru ataupun asesor yang akan melakukan penilaian dapat dengan menggunakan dan di dalamnya pun telah disediakan format penilaian yang sesuai dengan format yang berlaku saat ini.

Sebagai informasi bahwa di dalam penilaian PKG ada beberapa aspek yang akan dinilai yaitu meliputi tugas utama sebagai seorang guru yang di antaranya ialah aspek aspek pedagogik aspek kepribadian aspek sosial dan aspek profesional Selain itu dalam setiap setiap aspek tersebut terdapat beberapa indikator kompetensi yang nantinya akan diberikan penilaian sesuai dengan kinerja guru masing-masing pada setiap kompetensi.

Ada 14 nilai kompetensi yang akan diperoleh masing-masing guru diantaranya yaitu adalah 
  1. Mengenal karakteristik peserta didik 
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik 
  3. Pengembangan kurikulum 
  4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik
  5. Komunikasi dengan peserta didik 
  6. Penilaian dan evaluasi 
  7. Bertindak sesuai dengan norma agama hukum sosial dan kebudayaan nasional 
  8. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan 
  9. Etos kerja tanggung jawab yang tinggi rasa bangga menjadi guru 
  10. Bersikap inklusif bertindak objektif serta tidak diskriminatif 
  11. Komunikasi dengan sesama guru dan tenaga kependidikan orang tua peserta didik dan masyarakat 
  12. Penguasaan materi struktur konsep pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu 
  13. Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang refleksi.
Dari keseluruhan nilai tersebut maka nantinya setiap guru kelas atau guru mata pelajaran akan mendapatkan hasil akhir yang diberikan dalam bentuk format penilaian atau PKG seperti yang dapat anda lihat pada aplikasi yang akan saya bagikan pada postingan ini untuk melaporkan /  Laporan Penilaian kinerja guru oleh pengawas.

Baiklah bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi penilaian kinerja guru atau PKG terbaru tahun 2020/2021 maka silakan Anda download pada link di bawah ini secara gratis.
Download Aplikasi PKG Terbaru
Itulah penjelasan singkat mengenai Download Format Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Terbaru Tahun 2020/2021 yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat ya.