Download JUKNIS FIKSI SMA 2020 Pdf

Download JUKNIS FIKSI SMA 2020 Pdf - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Download FIKSI SMA Tahun 2020, Pada Pedoman Festifal Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMA Tahun 2020 atau disebut juga JUKNIS atau JUKLAK FIKSI SMA 2020 yang disusun sebagai panduan dan referensi bagi para pihak yang ingin berpartisipasi aktif mengikuti ataupun ingin mengetahui pelaksanaan kegiatan FIKSI secara lebih mendalam.

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan,evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi. Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) pada tahun 2020 akan dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan untuk tingkat nasionalnya akan diselenggarakan di Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) hadir untuk memastikan Indonesia di masa depan siap menjadi tonggak kemandirian ekonomi global. FIKSI diselenggarakan karena setiap anak Indonesia memiliki keunikan dan harus dididik untuk yakin bahwa menjadi entrepreneur adalah pilihan yang bijak dan menekuninya secara sungguh-sungguh dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Melaui FIKSI, generasi muda Indonesia, khususnya siswa SMA/MA diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.

Seleksi FIKSI dilaksanakan secara bertahap, yaitu seleksi rencana bisnis, seleksi presentasi dan wawancara, serta EXPO/Pameran produk inovasi. EXPO merupakan puncak pembuktian dan selebrasi hasil inovasi dan kreativitas siswa dan memiliki nilai jual.

Buku ini akan menjelaskan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan FIKSI sebagai pedoman bagi penyelenggara FIKSI Tahun 2020. Akhir kata, semoga penyelenggaraan KSN tahun 2020 makin baik dari tahuntahun sebelumnya.
Download JUKNIS FIKSI SMA 2020 Pdf

Download JUKNIS FIKSI SMA 2020 Pdf

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2020 memasuki pelaksanaan kali ke-5 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI 2020 berupaya menekankan pada Bidang Rintisan, yaitu bidang usaha yang telah menghasilkan produk, sebagai lanjutan dari tahap konsep atau gagasan. Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA Indonesia, yang berjiwa Post Milennial. Untuk itu tema FIKSI tahun 2020 mencoba mencakup ide “5Preneur (People, planet, prosperity, peace, & partnership)”.

Tema ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk siswa SMA, yang terdiri atas dua bagian, yaitu Prakarya dan Kewirausahaan. Pendidikan Prakarya meliputi kriya, rekayasa, pengolahan dan budidaya. Pada bidang-bidang Industri Kreatif yang dilombakan dalam FIKSI, pemilahan Prakarya.

Pendidikan Kewirausahaan ditujukan untuk menciptakan entrepreneur atau wirausahawan yang inovatif dan kreatif atas produk-produk yang dihasilkan pada tahap Prakarya, dan juga bermaksud menyiapkan munculnya perilaku dan sikap wirausaha pada generasi muda Indonesia. Terdapat enam tahap pendidikan kewirausahaan, yaitu:
1. Ide,
2. Rencana Bisnis,
3. Rencana Produksi,
4. Pemasaran,
5. Promosi, dan
6. Finansial.
Sesuai dengan kebutuhan kini dan masa mendatang, model kewirausahaan yang diharapkan pada FIKSI 2020 adalah model yang juga memanfaatkan teknologi digital dan informatika, mulai dari sisi produk, proses produksi hingga strategi pemasaran (dari hulu ke hilir).

Generasi muda selalu menjadi tumpuan harapan keberlanjutan dan peningkatan taraf hidup masyarakat, karena di tangan merekalah masa depan dirancang dan ditentukan. Di era kini, generasi yang tengah tumbuh berkembang adalah mereka yang termasuk ke dalam angkatan post millennial. 

Berbeda dengan generasi sebelumnya, para post millennial ini dikenal sebagai orang-orang yang ingin aktif berperan untuk melakukan perubahan, dan terus berupaya untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Gambar 1 menunjukkan bagan yang menampilkan karakteristik khusus bagi tiap generasi, di mana Post Millennial disebut sebagai generasi yang adaptif.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Download JUKNIS FIKSI SMA 2020 Pdf yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan semua Aamiin.

Download JUKNIS FIKSI SMA 2020 Pdf