Download Modul Pembatik Level 1 Tahun 2020 Lengkap

Download Modul Pembatik Level 1 Tahun 2020 Lengkap - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Download Modul Pembatik Level 1 Tahun 2020 Lengkap.

Berikut ini merupakan kumpulan model membatik tahun 2020 rekan-rekan semua dimanapun anda berada Apakah anda merupakan salah satu dari sekian banyak guru yang ikut mendaftar dalam kegiatan pembatik di tahun 2020 ini jika anda merupakan salah satu mendaftar pada pelatihan membatik di tahun 2020 ini maka tentunya Anda harus dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti pelatihan tersebut secara rutin agar dapat lulus dan bisa melanjutkan ke level selanjutnya.

Jadi sebelum membahas lebih lanjut mengenai kegiatan membatik maka anda perlu mengetahui apa itu pembatik. Pembatik merupakan kepanjangan dari pembelajaran berbasis TIK saat ini di abad 21 guru diharapkan untuk bisa memiliki penguasaan dalam bidang teknologi .

Sebab dunia pendidikan harus lebih menyeimbangkan antara Kemajuan dan perkembangan teknologi dengan sumber daya manusianya yang dalam hal ini adalah pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi salah satu penggerak keberhasilan dalam mengembangkan pendidikan berbasis teknologi tersebut sehingga guru dituntut untuk bisa mengetahui Kemajuan dan perkembangan teknologi tersebut.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dapat menyelenggarakan Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK), yang diselenggarakan setiap tahunnya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam hal penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna mendukung terciptanya model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan tuntutan abad 21. Hal ini sejalan dengan harapan besar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang siap menyongsong revolusi industri 4.0.

Terlebih lagi, pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pembekalan guru akan literasi TIK akan meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kompetensi keahlian yang cukup untuk memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga lebih optimal dalam penyampaian materi pelajaran di sekolah.

Saat ini masih banyak guru yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam pembelajaran. Minimnya kegiatan peningkatan kualitas dan kompetensi guru untuk memanfaatan TIK dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhinya. Program ini diadakan sebagai kegiatan rutin tahunan Pusdatin Kemendikbud.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) berjenjang 4 level, yaitu Level Literasi TIK, Implementasi TIK, Kreasi TIK, hingga Berbagi TIK. Di mana masing-masing level akan diadakan dengan sistem seleksi, sehingga pada akhir level, akan menghasilkan guru-guru terpilih. Guru-guru inilah yang sekaligus akan dilantik menjadi Duta Rumah Belajar, agen Pusdatin Kemendikbud untuk menyosialisasikan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. Guru-guru ini akan menjadi inspirasi guru-guru di wilayah representatif mereka dalam menggunakan teknologi untuk mengajar siswa-siswanya.

Walaupun pada inti program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi TIK untuk guru-guru, program ini diselenggarakan dengan proses kompetisi. Hal ini bertujuan untuk memacu mereka dalam menghasilkan karya-karya terbaiknya. Melihat pengalaman dua tahun terakhir ini, dengan sistem seperti ini cukup efektif untuk mendorong tingkat partisipasi guru. Ke depannya, Pusdatin Kemendikbud akan terus berupaya mengakselerasi inovasi-inovasi teknologi pembelajaran yang lebih efektif untuk diestafetkan kepada guru-guru. Sehingga, kualitas guru-guru Indonesia akan terus meningkat dan pada akhirnya mutu peserta didik menjadi lebih berdaya saing.

Modul ini disusun untuk dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan Program PembaTIK. Modul yang berisikan arahan dan materi terkait setiap level program ini, diharapkan akan membantu peserta dalam mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditentukan.

Perlu anda ketahui bahwa kegiatan pelatihan membatik merupakan program peningkatan kompetensi guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK guru UNESCO. dalam mengikuti pelatihan membatik ini bukan hanya dikhususkan bagi guru yang mengampu mata pelajaran saja melainkan semua guru bidang studi boleh mengikuti pelatihan pembatik ini seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini di Kurikulum 2013 revisi mata pelajaran TIK merupakan mata pelajaran yang telah menyatu dengan mata pelajaran lainnya .

Artinya bahwa semua mata pelajaran harus menerapkan konsep yang berbasis TIK sehingga guru yang akan mengajar minimal harus mengetahui dasar-dasar dalam menggunakan alat teknologi yang bisa membantu dalam proses pembelajaran.
Download Modul Pembatik Level 1 Tahun 2020 Lengkap

Download Modul Pembatik Level 1 Tahun 2020 Lengkap

Pada kegiatan pelatihan pembatikan standar kompetensi yang akan dipelajari ini terdiri dari 4 level yaitu:
  1. Level 1 yaitu level literasi TIK
  2. Level 2 yaitu level implementasi teknik 
  3. Level 3 yaitu level kreasi dan
  4. Level 4 yaitu level berbasis berbagi TIK (4i leveling).
Jadi bagi guru yang harus pertama kali ingin mengikuti pelatihan membatik maka tentunya harus mendaftar pada desain yang pertama yaitu level literasi apabila pada level pertama telah dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat maka barulah ia dapat melanjutkan ke level yang kedua dan begitu seterusnya sehingga dapat menyelesaikan level yang terakhir bagiku yang berhasil hingga menyelesaikan pelatihan membatik hingga ke level tertinggi dan mendapatkan nilai atau hasil yang baik maka nantinya bisa terpilih sebagai Duta rumah belajar.

Pada kegiatan pelatihan membatik dapat diikuti oleh semua guru baik guru yang telah berstatus sebagai PNS maupun guru yang masih berstatus sebagai guru honorer, intinya bahwa ia dapat membuktikan bahwa ia adalah guru yang masih aktif dan mengajar minimal suatu bidang studi pada sekolah yang ditempatinya Mengapa guru harus ikut dalam kegiatan pelatihan pembatikan ini sebab dengan mengikuti pelatihan ini ada banyak manfaat yang bisa dimiliki oleh seorang guru setelah selesai membuat pelatihan pembatikan antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Dapat meningkatkan kemampuan TIK Sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
  2. Guru mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional 
  3. Siapapun yang telah ikutkan berhasil menyelesaikan setiap tahapan pada pelatihan pekerti ini maka kesempatan untuk menjadi duta rumah belajar.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di tahun 2020 ini kegiatan pembatik kembali dibuka untuk bisa diikuti oleh setiap guru di manapun berada Jadi bagi Anda yang ingin ikut dalam pelatihan tersebut maka anda dapat segera mendaftarkan diri agar kouta yang disediakan masih bisa untuk Anda ikuti sebab kouta peserta dibatasi Sehingga siapa cepat dia yang dapat. anda yang baru saja ingin mengikuti pelatihan membatik ini maka tentunya Anda harus memulai dari level 1 level literasi TIK.

Banyak guru yang telah melakukan pendaftaran pelatihan pembatikan televisi satu namun setelah ia berhasil mendaftar ia tidak bisa melakukan pengunduhan modul materi yang akan dijadikan sebagai dasar dalam belajar hal itu banyak dikeluhkan oleh sebagian guru yang telah berhasil melakukan proses pendaftaran pada level 1.

Pada postingan ini saya akan membantu bapak ibu guru yang mungkin belum sempat memiliki atau belum sempat melakukan download modul pembatik level 1 di tahun 2020 maka anda harus dengan ini anda dapat memiliki modul atau materi pembatik level 1 tahun 2020 secara gratis Silahkan download pada Link yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Berikut Jumlah modul yang akan dipelajari pada pelatihan pembatikan 1 tahun 2020 ini terdiri dari 4 modul yang diantaranya adalah 
  • Pada model 1 yaitu mengenai pengenalan perangkat TIK dasar 
  • Pada nomor 2 yaitu mengenai internet sehat dan aman 
  • Pada modul 3 yaitu mengenai internet untuk pembelajaran 
  • Pada modul 4 yaitu mengenai aplikasi pembelajaran terbuka
Silakan bagi bapak dan ibu guru yang mungkin telah mendaftar pada kegiatan pelatihan batik level 1 tahun 2020 bisa anda memiliki 4 motor pembatik level 1 tersebut pada link di bawah ini silakan Anda download secara gratis.

Download Modul Pembatik Level 1 Tahun 2020
Download Materi Modul 1
Download Materi Modul 2
Download Materi Modul 3
Download Materi Modul 4

Itulah penjelasan singkat mengenai download modul pembatik tahun 2020 level 1 yang bisa saya bagikan kepada anda di kesempatan kali ini semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya serta Semoga anda dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi kegiatan pelatihan tersebut dan semoga anda dapat berhasil lulus serta bisa mendapatkan sertifikat dari kegiatan pelatihan pembatikan tersebut terima kasih Jangan lupa di share artikel ini jika bermanfaat terima kasih.