Download Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Selama Pandemi Covid-19

Download Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Selama Pandemi Covid-19
Download Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Selama Pandemi Covid-19 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai  Panduan Pembelajaran Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Selama Pandemi Covid-19.

Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa peran guru pada masa pandemi covid-19 sangatlah penting. Selain guru diharapkan dapat membantu siswa menghadapi ketidak pastian yang disebabkan oleh pandemi, guru juga diharapkan dapat melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.

Lebih dari 91% populasi siswa dunia telah dipengaruhi oleh penutupan sekolah karena pandemi COVID-19 (UNESCO).

Bagaimana sistem pendidikan nasional dapat memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama untuk pendidikan berkualitas selama krisis yang belum pernah terjadi sebelum ini?

Belajar dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020
  1. Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan.
  2. Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19.
  3. Memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah.
  4. Memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kualitatif.


Peran penting guru:

• membantu siswa menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi,

• melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.

Panduan ini untuk GURU yang:

✓ harus terus mendukung siswa sementara akses fisik ke sekolah ditutup,
✓ dapat melibatkan siswa dalam bentuk pembelajaran jarak jauh.

Tujuan
  • Memandu pengambilan keputusan yang cepat untuk memulai dan melaksanakan pembelajaran yang berkelanjutan.
  • Mendorong kolaborasi orang tua, guru, murid, untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus corona.
  • Memastikan anak mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.


PRINSIP
  1. Tidak membahayakan. Sebagaimana GURU di seluruh dunia mencoba untuk mengurangi kemungkinan kerugian dalam belajar karena gangguan sekolah, keselamatan dan kesejahteraan siswa (students well-being) harus menjadi hal terpenting untuk dipikirkan. Upaya penyampaian kurikulum secara jarak jauh tidak menciptakan lebih banyak stres dan kecemasan bagi siswa dan keluarganya.
  2. Realistis. GURU hendaknya memiliki ekspektasi yang realistis mengenai apa yang dapat dicapai dengan pembelajaran jarak jauh, dan menggunakan penilaian profesional untuk menilai konsekuensi darirencana pembelajaran tersebut.


TIGA TUGAS UTAMA

Dalam mendesain dan mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh

1.APA 
Isi/konten

2.SIAPA
profil belajar, kondisi, dan kebutuhan saat ini

3.BAGAIMANA
desain dan implementasi pembelajaran


APA
Materi yang harus diajarkan

APA
Koordinasi denganKepala Sekolah

▪ Selaraskan dengan Kepala Sekolah tentang materi/konten yang paling tepat untuk diajarkan
▪ Pastikan GURU tetap mengikuti perubahan kurikulum, kebijakan, atau panduan yang ada.

Yang diperhatikan GURU
  • Mengikuti arahan atau panduan resmi yang diberikan Kepala Sekolah tentang apa yang harus diajarkan dan bagaimana cara mendapatkannya.
  • Selalu memberikan laporan perkembangan pembelajaran, kendala selama proses pembelajaran untuk mendapatkan umpan balik dari Kepala Sekolah. Mengikuti pertemuan atau diskusi kelompok dengan Kepala Sekolah menggunakan saluran formal dan informal.
  • Melakukan komunikasi dengan sesama GURU untuk berbagi pengalaman dan mencari solusi atas kendala yang dihadapi.
  • Memastikan persetujuan dari kepala Kepala Sekolah tentang kurikulum dan rencana pembelajaran yang akan diberikan selama proses pembelajaran jarak jauh.


APA
Review Kurikulum
  • Mengikuti arahan pemerintah, dan sumber daya yang dimiliki GURU dan siswa. Menentukan prioritas pembelajaran:
  • selengkap mungkin sebagaimana kurikulum standar,
  • memberikan pengalaman belajar tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum,
  • mencakup pengetahuan dan keterampilan inti, atau
  • fokus pada konten dan kegiatan yang akan membantu siswa mengatasi krisis saat ini.
Yang diperhatikan GURU
  • Menentukan target kurikulum yang akan dicapai yang mencakup pengetahuan dan keterampilan inti, dengan lebih memfokuskan pada kesejahteraan (well-being) para siswa.
  • Memastikan ada arahan atau panduan resmi yang harus diikuti untuk menerapkan rencana pembelajaran tersebut, dan sumber daya yang akan digunakan, serta rekomendasi narasumber yang harus dihubungi jika diperlukan bantuan teknis.
  • Memulai pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disiapkan dan disetujui Kepala Sekolah dengan tetap mengikuti perkembangan kebijakan berikutnya.
Itulah Penjelasan singkat mengenai Download Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Selama Pandemi Covid-19 yang dapat admin jelaskan, untuk memiliki buku tersebut silahkan anda klik link yang sudah admin sediakan di bawah ini. terima kasih

Download Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup Selama Pandemi Covid-19