Donwload Juklak KBMK Tahun 2020 Format Pdf

Donwload Juklak KBMK Tahun 2020 Format Pdf - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Juklak KBMK Tahun 2020. Pada artikel ini yaitu Pengumuman Petunjuk Pelaksanaan Juklak Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) Tahun 2020.

Perlu diketahui KBMK Merupakan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan di tahun 2020.

Pada Program Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu bisnis, manajemen dan keuangan diharapkan dapat menjadi alternatif tambahan baru pada agenda lomba kemahasiswa tingkat nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam kerangka mencapainya tujuan eratnya kerja sama antara Akademisi, Bisnis dan Pemerintahan.

Dalam rangka pengembangan kompetisi di era Revolusi Industri 4.0, Implementasi kebijakan Kampus Merdeka, dan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) bersama ini dengan hormat disampaikan bahwa Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan akan menyelenggarakan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) tahun 2020. Kompetisi ini terdiri dari enam kategori, yaitu :
  1. Kompetisi Perencanaan Bisnis Terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan;
  2. Kompetisi Analisis Kasus Bidang Manajemen Operasional;
  3. Kompetisi Riset Investasi;
  4. Kompetisi Keuangan Bidang Audit Investigatif;
  5. Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi; dan
  6. Kompetisi Penulisan Essay Ilmiah.

Berkenaan dengan hal tersebut kami memberi kesempatan kepada Perguruan Tinggi untuk mendaftarkan perwakilan Mahasiswa Berprestasi tingkat Perguruan Tinggi. Informasi detail dapat dilihat pada laman resmi Pusat Prestasi Nasional https:// pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id Kami sangat berterima kasih atas perkenan Bapak/Ibu Pemimpin Perguruan Tinggi dan Kepala LLDIKTI menginformasikan program dimaksud kepada mahasiswa di perguruan tinggi pada wilayah masing-masing. 

Jadwal pendaftaran peserta Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) dapat dilihat pada petunjuk pelaksanaan (terlampir). Pengumuman ini menindaklanjuti surat nomor 0093/J3/TU/2020 tentang penundaan lomba-lomba dan sudah melalui pembahasan dengan Tim Pembina KBMK dari Perguruan Tinggi.

Pusat Prestasi Nasional merupakan unit kerja di Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan yang berdiri berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 45 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Dalam peraturan tersebut salah satu tugas Pusat Prestasi Nasional yaitu melaksanakan kompetiisi akademik dan non akademik. Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk melahirkan talenta-talenta yang kompetitif dan memberikan dukungan serta penghargaan pada mahasiswa-mahasiwa yang berprestasi.

Berdasarkan observasi dan pengembangan dari jaringan forum komunikasi kemahasiswaan nasional (forkommawa), terdapat beberapa perlombaan bidang bisnis dan manajemen yang telah berlangsung di Indonesia dan memiliki afiliasi internasional seperti L’oreal Brandstorm, Nielsen Challenges, CFA investment research challenge, global social venture competition dan HSBC-McKinsey business case competition.

Berbagai perlombaan tersebut dilakukan secara terbatas oleh perusahaan multinasional sebagai salah satu strategi rekrutmen Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan mereka. Pada sisi lain, program studi bidang ilmu bisnis-manajemen di perguruan tinggi jumlahnya sangat banyak melebihi program studi bidang ilmu sains-teknologi, serta proses pada beberapa akreditasi internasional untuk bidang ilmu bisnis-manajemen juga menggariskan pentingnya program (perlombaan) mahasiswa yang terkait dengan asosiasi profesi.
Donwload Juklak KBMK Tahun 2020 Format Pdf

Donwload Juklak KBMK Tahun 2020 Format Pdf

Program Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu bisnis, manajemen dan keuangan diharapkan dapat menjadi alternatif tambahan baru pada agenda lomba kemahasiswa tingkat nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam kerangka mencapai tujuan eratnya kerjasama antara Akademisi, Bisnis dan Pemerintahan.


Rangkaian perlombaan pada pagelaran tersebut dilakukan melalui proses adaptasi berbagai kompetisi bidang bisnis dan manajemen internasional dan bekerjasama dengan praktisi dan asosiasi profesi terkait. Pada tahun 2019 direncanakan dilakukan 4 jenis cabang kompetisi yakni, 1) kompetisi bidang perencanaan bisnis dengan aspek pemanfaatan teknologi, 2) kompetisi bidang analisis kasus pemasaran, 3) kompetisi bidang riset investasi, dan 4) kompetisi keuangan bidang audit investigatif. Rangkaian kompetisi tersebut akan dinilai oleh juri dengan komposisi yang seimbang antara perwakilan akademisi dan praktisi bidang bisnis, manajemen dan keuangan.

Pada tahun 2020, karena kondisi Pandemik COVID-19, kegiatan Kompetisi ini ditambah dengan dua cabang, yaitu Essay mengenai Post COVID-19 (the new normal life) dan Komersialisasi Teknologi. Kedua cabang tersebut menjadi strategis, karena berkaitan dengan situasi sekarang ini. indikator dan pelaksanaannya dibuat sesuai dengan solusi kondisi COVID-19. 

Diharapkan penambahan kategori ini memberikan nilai tambah kepada mahasiswa untuk terus berprestasi dari rumah. Mahasiswa harus diberikan wahana/sarana untuk terus produktif dan melakukan hal positif.

Penjelasan Umum Mengenai KBMK Tahun 2020
Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan merupakan kompetisi yang tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah.

Dengan tema Mempersiapkan Tata Masyarakat 5.0 serta Pemberdayaan Bonus Demografi dengan Kontribusi Nyata Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan pada Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Dunia dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, pelaksanaan rangkaian kegiatan pada kompetisi ini dibagi menjadi dua yakni rangkaian kegiatan utama dan rangkaian kegiatan pendamping.

Rangkaian kegiatan utama terdiri dari 5 kategori perlombaan yang mencakup perencanaan bisnis dengan aspek SDG, analisis kasus bisnis bidang manajemen operasional, riset investasi, bidang keuangan audit investigatif, dan bidang komersialisasi riset dan teknologi dan 1 kategori khusus bidang penulisan essay ilmiah.

Kegiatan di setiap bidang lomba ini diharapkan dapat memberikan akselerasi pembelajaran untuk menganalisis kasus bisnis/manajemen secara menyeluruh baik dari sisi mahasiswa maupun dosen.

Proses seleksi rangkaian perlombaan dimulai dengan seleksi administratif di mana setiap perguruan tinggi mengirimkan maksimal 5 kelompok peserta dengan melampiri surat pengantar resmi dari perguruan tinggi yang bersangkutan dan maksimal 10 kelompok peserta dalam kategori khusus bidang penulisan essay ilmiah. 

Setelah proses administrasi selesai, panitia akan mengirimkan informasi akun ke setiap peserta yang
lolos syarat administrasi agar mereka bisa mengunduh materi lomba dan mengunggah jawaban mereka. Jawaban setiap kelompok dibuat dalam bentuk naskah/tulisan/makalah dan/atau video presentasi terkait dengan tugas dari lomba yang kemudian diunggah ke situs resmi dari lomba melalui akun yang sudah diberikan. 

Seluruh jawaban peserta lomba akan dinilai oleh tim juri untuk menentukan siapa yang lolos ke babak final. Kelompok yang lolos ke babak final akan mengikuti rangkaian babak final dengan dua tahapan (semifinal dan grand final) dengan tugas yang akan dibagikan sebelum babak final dimulai.

Terkecuali ketegori bidang komersialisasi riset dan teknologi dan kategori khusus bidang penulisan essay ilmiah, maka peserta yang lolos akan langsung masuk pada babak grand final dalam bentuk presentasi. Pada babak grand final, peserta akan mengerjakan tugas tambahan khusus dari juri yang bersifat impromptu. Proses penilaian babak grand final di tingkat nasional dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari kelompok akademisi, praktisi bisnis, dan pemerintah/BUMN/asosiasi.

Jadwal Umum Kegiatan KBMK Tahun 2020
Rencana kegiatan dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Kegiatan bermula dari seleksi administratif setelah setiap perguruan tinggi mendaftarkan kontingen lomba mereka. Setelah itu dilakukan pengumuman hasil seleksi administratif untuk menentukan siapa yang bisa mengikuti lomba. 

Kegiatan lomba sendiri dimulai dengan pembagian tugas/kasus lomba yang dilanjutkan dengan penjurian atas jawaban yang masuk dari setiap kelompok oleh dewan juri. Dewan juri memutuskan siapa yang berhak masuk ke putaran final berdasarkan nilai setiap kelompok. Peserta yang masuk final akan mendapat kasus baru yang harus mereka jawab. 

Jawaban mereka kemudian dipresentasikan dalam acara final yang akan ditentukan kemudian sesuai dengan perkembangan terakhir terkait pandemic Covid-19.
Jadwal Umum Kegiatan KBMK Tahun 2020

Ketentuan Umum Lomba  KBMK Tahun 2020
Ketentuan umum yang berlaku untuk seluruh kategori cabang perlombaan kompetisi mahasiswa nasional bidang ilmu Bisnis dan manajemen adalah sebagai berikut:
A. PESERTA
  1. Peserta adalah mahasiswa program sarjana (S1) atau sarjana terapan (D4) di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang berstatus aktif pada tanggal babak final diselenggarakan, dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku dan surat pengantar keterangan resmi dari perguruan tinggi (ditandatangani oleh Wakil Rektor atau Direktur atau Pimpinan Bidang Kemahasiswaan di perguruan tinggi). KTM harus diupoad pada sistem saat pendaftaran dan ditunjukkan saat daftar ulang di babak Final.
  2. Mahasiswa peserta dan dosen pembimbing harus terdaftar di PD-DIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi).
  3. Peserta berkelompok terdiri dari 2 (dua) orang mahasiswa, salah satu anggota bertindak sebagai ketua kelompok.
  4. Setiap peserta diperbolehkan mengikuti 1 (satu) kategori perlombaan.
  5. Setiap kelompok dapat terdiri dari anggota yang berasal dari program studi / departemen / jurusan yang berbeda di tingkat sarjana atau sarjana terapan.
  6. Sesuai dengan semangat Kampus Merdeka, kelompok dapat dibentuk dengan anggota yang berasal dari Perguruan Tinggi berbeda. Kelompok yang dimaksud harus melengkapi surat pengantar keterangan resmi dari perguruan tinggi (terlampir) yang ditandatangani oleh Wakil Rektor atau Direktur atau Pimpinan Bidang Kemahasiswaan bagi masing-masing anggota kelompok.
  7. Ketua kelompok harus berasal dari program studi bisnis, ekonomi, manajemen, atau akuntansi.
  8. Setiap perguruan tinggi maksimal mengirimkan 5 (lima) kelompok mahasiswa untuk 5 (lima) kategori/cabang yaitu perencanaan bisnis dengan aspek SDG, analisis kasus bisnis bidang manajemen operasional, riset investasi, bidang keuangan audit investigatif, dan bidang komersialisasi riset dan teknologi), termasuk kelompok yang terdiri dari anggota dari Perguruan Tinggi berbeda.
  9. Masing-masing kategori hanya dapat diikuti oleh maksimal 2 (dua) kelompok dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  10. Untuk Kategori Khusus Kompetisi Penulisan Essay Ilmiah dapat diikuti setelah Perguruan Tinggi mengirimkan delegasi pada 5 (lima) kategori lain seperti dijelaskan di atas. Pada Kategori Khusus Kompetisi Penulisan Essay Ilmiah Perguruan Tinggi dapat mengirimkan maksimal 10 (sepuluh) delegasi.
  11. Peserta yang tidak memenuhi syarat (butir 1 s/d 10) dianggap gugur/didiskualifikasi.
  12. Pendaftaran dan keikutsertaan peserta tidak dipungut biaya.
  13. Peserta yang terpilih sebagai finalis lomba tingkat nasional dan dosen pembimbing wajib berpartisipasi dalam babak final Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen di Institut Teknologi Bandung pada tanggal 17 – 19 September 2020 atau pada tanggal lainnya yang akan ditentukan oleh panitia.
  14. Peserta diwajibkan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, etika dan integritas.
  15. Himbauan bagi peserta untuk melakukan diskusi dan kerja secara daring dan menghindari interaksi tatap muka secara langsung.
  16. Apabila ada kesalahan dalam Petunjuk Pelaksanaan ini maka akan diperbaiki di kemudian hari dan diumumkan melalui website Kompetisi.
Itulah Penjelasan singkat mengenai Donwload Juklak KBMK Tahun 2020 Format Pdf yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan-rekan semua Aamiin.