-->

Download Buku Saku Untuk Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Pdf

Download Buku Saku Untuk Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Pdf

Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Buku Saku Untuk Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 berformat Pdf , bagi anda yang butuh buku saku panduan ini bisa download pada link dibawah ya.

Pada Buku Saku Untuk Panduan Pembelajaran Masa Pandemi ini Covid-19 ini diterbitkan menyusul dikeluarkannya SKB 4 Menteri tentang Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Buku Saku Untuk Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 ini dibuat berdasarkan Keputusan Bersama 4 Menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

SEJAK diumumkan oleh Presiden Joko Widodo mengenai kasus pertama Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pada awal Maret 2020 yang lalu, Indonesia kemudian dihadapkan pada masa pandemi. Hampir seluruh sektor kehidupan lumpuh, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Apalagi saat itu, seluruh satuan pendidikan maupun lembaga pendidikan tinggi memasuki akhir semester genap dan akan menghadapi masa penilaian akhir tahun atau ujian sekolah, yang kemudian diikuti dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kemudian menyikapi kondisi tersebut dengan membuat sejumlah kebijakan. Mulai dari realokasi anggaran Kemendikbud untuk penanganan penyebaran Covid-19 berupa pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi terkait Covid-19, peningkatan kapasitas dan kapabilitas rumah sakit pendidikan (RSP), pelaksanaan rapid test di lima RSP, dan pengadaan bahan habis pakai.

Realokasi anggaran juga untuk program penguatan kapasitas 13 RSP dan 13 fakultas kedokteran untuk menjadi test center Covid-19, serta membuka pendaftaran dan melatih relawan Covid-19 dari kalangan mahasiswa program studi kedokteran dan kesehatan. Selain itu, Kemendikbud juga berperan aktif menjalin kerja sama dengan berbagai mitra swasta di bidang edutech dan telekomunikasi, serta menginisiasi program guru berbagi.

Pada pertengahan April 2020, Kemendikbud juga menayangkan program Belajar dari Rumah (BDR) yang disiarkan TVRI. Program ini diisi dengan berbagai tayangan edukatif dan menyenangkan sebagai alternatif pembelajaran bagi peserta didik, orang tua, dan guru.

Kebijakan lainnya adalah berupa fleksibilitas bagi kepala sekolah dalam memanfaatkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk mendukung pembelajaran selama masa pandemi Covid-19. Ada pula kebijakan berupa diterbitkannya Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. Kedua surat edaran tersebut berisi pelaksanaan kebijakan pendidikan dan panduan penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

Menjelang pelaksanaan tahun ajaran dan tahun akademik baru 2020/2021, Kemendikbud bersama tiga kementerian lainnya, yaitu Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri menyusun panduan penyelenggaraan pembelajaran. Panduan ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan pembukaan satuan pendidikan untuk pembelajaran tatap muka.
Download Buku Saku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19

Download Buku Saku Untuk Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Pdf


Panduan ini juga menjadi acuan pemerintah daerah dalam mengatur satuan pendidikan sebelum dapat diizinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka berdasarkan ketentuan-ketentuan yang diatur di dalamnya. Karena prinsip utama dalam pembelajaran di tahun ajaran dan tahun akademik baru adalah kesehatan dan keselamatan seluruh peserta didik, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan keluarganya.

Buku ini disusun untuk mempermudah masyarakat dari berbagai kalangan dalam memahami panduan yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri dan lampirannya. Diharapkan kehadiran buku ini dapat memberikan manfaat, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui bagaimana kebijakan pemerintah pusat terhadap pembelajaran di tahun ajaran dan tahun akademik baru pada masa pandemi Covid-19.

Satuan pendidikan yang berada di daerah ZONA KUNING, ORANYE, DAN MERAH, dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan Belajar dari Rumah (BDR) sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019

(COVID-19) dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah, Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 657 Tahun 2020 tentang Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam.

Buku Saku Untuk Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)


MENGISI DAFTAR PERIKSA

Kepala satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar dan pendidikan menengah pada SEMUA ZONA wajib mengisi daftar periksa pada laman Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama untuk menentukan kesiapan satuan pendidikan sebagaimana tercantum dalam ketentuan ini.

PERAN PIHAK-PIHAK TERKAIT

Pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi dan/atau, kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya pada SEMUA ZONA:

a. wajib memastikan seluruh kepala satuan pendidikan mengisi daftar periksa pada laman DAPODIK atau EMIS untuk menentukan kesiapan satuan pendidikan; dan
b. tidak memperbolehkan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan bagi:

1. satuan pendidikan yang belum memenuhi semua daftar periksa; atau
2. satuan pendidikan yang sudah memenuhi daftar periksa namun kepala satuan pendidikan menyatakan belum siap.

SATUAN PENDIDIKAN DI ZONA HIJAU

Pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi dan/atau, kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya pada ZONA HIJAU dapat melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan secara bertahap selama masa transisi bagi satuan pendidikan yang sudah memenuhi semua daftar periksa dan merasa siap.

TAHAPAN PRIORITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA

Pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan pada ZONA HIJAU dilakukan dengan penentuan prioritas berdasarkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi terlebih dahulu dan mempertimbangkan kemampuan peserta didik untuk menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak (physical distancing) dengan ketentuan:
  1. Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Menengah Teknologi Kristen (SMTK), Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK), Paket C, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Paket B melaksanakan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan terlebih dahulu.
  2. Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Paket A dan Sekolah Luar Biasa (SLB) paling cepat 2 (dua) bulan setelah SMA, SMK, MA, MAK, SMTK, SMAK, Paket C, SMP, MTs, dan Paket B melaksanakan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.
  3. PAUD formal (Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), dan TK Luar Biasa) dan nonformal paling cepat 2 (dua) bulan setelah SD, MI, Paket A dan SLB melaksanakan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.

MASA TRANSISI DAN KEBIASAAN BARU
Pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan yang berada di daerah ZONA HIJAU dilaksanakan melalui dua fase sebagai berikut:

a. Masa Transisi
1. Berlangsung selama 2 (dua) bulan sejak dimulainya pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.
2. Jadwal pembelajaran mengenai jumlah hari dalam seminggu dan jumlah jam belajar setiap hari dilakukan dengan pembagian rombongan belajar (shift) yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan tetap memperhatikan kondisi kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan.

b. Masa Kebiasaan Baru
Setelah masa transisi selesai, apabila daerahnya tetap
dikategorikan sebagai daerah ZONA HIJAU maka satuan
pendidikan masuk dalam masa kebiasan baru.

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
BAB II KETENTUAN UMUM
BAB III TUGAS DAN TANGGUNG

JAWABBAB IV PROTOKOL KESEHATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SATUAN PENDIDIKAN PADA MASA COVID-19

BAB V KETENTUAN DI JENJANG PENDIDIKAN TINGGI SERTA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

BAB VI KETENTUAN PADA PESANTREN DAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN

BAB VII PROTOKOL KESEHATAN BAGI PESANTREN DAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN

Saluran Informasi dan Pengaduan seputar
Pendidikan dan Kebudayaan:
Telepon: 021 5703303 / 57903020 ext. 2115
SMS: 0811976929
Faksimili: 021 5733125
Email: pengaduan@kemdikbud.go.id
Laman: ult.kemdikbud.go.id

Itulah Penjelasan singkat mengenai Download Buku Saku Untuk Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Pdf yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat Aamin, Janga lupa dishare ya.Terima kasih


=========================================================================

Baca Juga :

Download RPP 1 Lembar PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013 Semester 1 Revisi 2020-2021

Download RPP 1 Lembar PJOK Kelas 1 K13 Semester 1 Terbaru
Download RPP 1 Lembar PJOK Kelas 2 K13 Semester 1 Terbaru
Download RPP 1 Lembar PJOK Kelas 3 K13 Semester 1 Terbaru
Download RPP 1 Lembar PJOK Kelas 4 K13 Semester 1 Terbaru
Download RPP 1 Lembar PJOK Kelas 5 K13 Semester 1 Terbaru
Download RPP 1 Lembar PJOK Kelas 6 K13 Semester 1 Terbaru

Download  RPP 1 Lembar PAI Kelas 1,2,3,4,5,6 SD K13 Revisi 2020 Semester 1

Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 1 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 2 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 3 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 4 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 5 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 6 SD K13 Revisi 2020

Download  RPP 1 Lembar PAI Kelas 1,2,3,4,5,6 SD K13 Revisi 2020 Semester 1

Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 1 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 2 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 3 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 4 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 5 SD K13 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 6 SD K13 Revisi 2020