Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021

Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021. Pada Versi Dapodik 2021 ini merupakan Aplikasi Dapodik Terbaru Yaitu Aplikasi Dapodik 2021 yang akan digunakan pada Tahun ajaran 2020/2021.

Beberapa Jam yang lamu Team Dapodikdasmen sudah Merilis Aplikasi Dapodik 2021 Terbaru. Nah anda sekarang bisa mendownload dan menginstalnya. Tapi anda sebelum menginstal jangan lupa ya untuk membaca pada Buku Panduan Aplikasi Dapodik 2021.

Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2021. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2021 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan kesetaraan.

Aplikasi Dapodik versi 2021 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Untuk itu secara teknis diharuskan melakukan install ulang Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu.


Kode registrasi Aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan pendidikan kesetaraan (SKB/PKBM) telah diubah menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Akun petugas pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2021.

Catatan untuk satuan pendidikan SKB/PKBM, Aplikasi Dapodik versi 2021 belum dapat mengakomodasi peserta didik yang mengikuti dua program pendidikan dalam waktu yang sama (contoh: peserta didik terdaftar di rombel paket C dan kursus). Fitur ini akan diakomodasikan pada rilis berikutnya.

Panduan Aplikasi Dapodik versi 2021 yang dapat diunduh di menu unduhan laman dapodik atau pada bagian lampiran berita ini yang memuat petunjuk teknis instalasi, registrasi online/registrasi offline, serta deskripsi dari setiap perubahan dan perbaikan pada Aplikasi Dapodik versi 2021.

Selanjutnya bagi segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Petugas pendataan untuk melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodik versi 2021 dan melakukan pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Pemutakhiran data dilakukan paling lambat pada Senin, 31 Agustus 2020 (Penarikan data untuk program BOS) dan pada Rabu, 30 September 2020 (Penarikan data untuk program BOP) dengan tetap menjaga kualitas data.

Cara Instal Dapodik 2021 Lengkap Dengan Gambar

Instalasi Menggunakan Installer
1).Siapkan file installer yang sudah diunduh sebelumnya. Sangat disarankan untuk menutup program lain yang masih terbuka sebelum melakukan instalasi.
File Installer Aplikasi Dapodik
2). Klik ganda file installer, jika muncul peringatan keamanan, pilih Yes atau untuk komputer dengan sistem operasi Windows versi tertentu, klik Run Anyway. Selanjutnya akan ditampilkan jendela instalasi Dapodik. Klik lanjut.
Cara Instal Dapodik 2021 Lengkap Dengan Gambar
3). Pada jendela perjanjian persetujuan pilih saya setuju dan klik lanjut.
Cara Instal Dapodik 2021
4). Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.
Pasang aplikasi dapodik 2021

5). Proses instalasi Aplikasi Dapodik sedang berjalan, tunggu hingga proses pemasangan ini selesai.
Proses Installasi Dapodik 2021
6). Untuk mengakhiri proses pemasangan Aplikasi Dapodik, klik “Selesai”.
Cara Instal Dapodik 2021 Lengkap Dengan Gambar


2) Membersihkan Cache setelah Melakukan Instalasi Aplikasi
setelah selesai melakukan instalasi, pastikan untuk selalu membersihkan cache pada peramban sebelum menggunakan Aplikasi Dapodik versi 2021. Berikut ini langkah-langkah membersihkan cache pada peramban web Google Chrome:
a) Di komputer, buka Aplikasi Google Chrome, lalu klik Lainnya (Others) yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi.
b) Klik Fitur lainnya (More Tools) Hapus data browsing (Clear Browsing Data).
c) Di bagian atas, pilih rentang waktu (Time Range). Untuk menghapus semua, pilih Semua (All Time).
d) Di samping "Cookie dan data situs lainnya" (Cookies and other site data) dan "Gambar dan file dalam cache" (Cached images and files), centang kotaknya. Klik Hapus data (Clear Data) untuk menyelesaikan. 
e) Catatan: untuk peramban web lain seperti Safari, Firefox, atau browser lain, periksa petunjuk di situs dukungannya.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan-semua. Aamiin.

Perhatian :

Bagi Anda yang ingin lebih tau lebih lengkapnya untuk Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021 klik pada link di berikut ini ya : (Cara Instal Dapodik 2021)