Cara Menaikkan Kelas Peserta Didik di Aplikasi Dapodik 2021

Cara Menaikkan Kelas Peserta Didik di Aplikasi Dapodik 2021

Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara Menaikkan Kelas Peserta Didik / Siswa di Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Dapodik versi 2021- Perlu diketahui bagi teman-teman operator, bahwa Dapodik yang versi sekarang dan sebelunya itu hampir sm pengerjaanya, kecuali yang untuk menu perubahan pastinya berbeda.

Jadi anda yang sebagai Operator dapodik jangan kaget lagi mengenai hal yang belum anda ketahui dan mendapatkan masalah mengenai dapodik jadi ambil santai aja ya.

Perlu diketahui Pekerjaan rutin yang dilakukan proses Tarik data Peserta didik atau Siswa baru adalah pekerjaan yang sering kita lakukan tiap ajaran baru kadang kita tarik juga jika ada mutasi siswa.

Nah yang kita bahas sekaran adalah Bagaimanakah caranya Untuk Menaikkan Kelas Bagi Peserta Didik ke Kelas atau tingkat yang lebih tinggi. Jadi Pekerjaan ini sering kita lakukan buka, tp bagi Operator baru pasti kebingungan cara menaikkannya.

Mengapa Harus mengutamakan Proses Kenaikan Kelas terlebih dahulu dibandingkan dengan proses tarik data peserta didik baru..? jawabannya dalah untuk mempermudah dalam pengelolahan peserta didik pada setiap rombongan belajar di Aplikasi Dapodik Versi 2021 

Diaplikasi Dapodik Versi 2021, Operator Dapodik tidak perlu repot-rpot meluluskan Peserta Didik karena proses kelulusan Peserta didik di tingkat akhir dilakukan secara otomatis oleh sistem dapodik. Sehingga terdapat kekosongan data rombongan belajar atau kelas pada tingkat akhir. Untuk itu perlu dilakukan adalanya kenaikan Kelas.

Proses kenaikan kelas dilakukan secara manual, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi di Satuan Pendidikan. Misalnya ada Siswa yang tidak naik kelas karena susatu hal ataupun perubahan daftar Peserta didik pada seluruh rombongan belajar.

Operator sekolah bisa memanfaatkan proses kenaikan kelas setalah berhasil menginstal Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang telah admin buat pada artikel sebelumnya, Bagi anda yang membutuhkannya silahkan klik pada link beriku ini (Cara Instal Aplikasi Dapodik 2021)
Cara Menaikkan Kelas Peserta Didik di Aplikasi Dapodik 2021

Cara Menaikkan Kelas Peserta Didik di Aplikasi Dapodik 2021


  1. Cara Menaikkan Kelas Peserta Didik di Aplikasi Dapodik 2021
  2. Silahkan anda buka dan Login Aplikasi Dapodik Versi 2021
  3. Nah jika Aplikasi Dapodik 2021 baru anda instal, maka data peserta Didik akan kosong, untuk mengatasinya silahkan anda Klik pada Menu Peserta didik, Kemudian klik salin Data Periodik dan klik tombol ya, maka secara otomatis Data peserta didik akan muncul.
  4. Langkah selanjutnya silahkan anda klik Menu Rombongan Belajar Kemudian Klik Reguler.
  5. Setelah itu anda klik tombol Menu Aksi dan Klik Naikkan kelas.
  6. Setelah itu anda pilih salah satu Rombongan Belajar dari data di semester Genap tahuan ajaran sebelumnya
  7. Setelah memilih salah satu rombol, kemudian silahkan anda klik Simpan dan Tutup.
  8. Maka Secara otomatis data Rombel/Kelas tersebut akan muncul di tabel kelas.
  9. Jadi anda tinggal mengulangi terus pada kelas yang belum dipilih ya
  10. Selesai

Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Menaikkan Kelas Peserta Didik di Aplikasi Dapodik 2021 yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan semua Aamiin. Jangan lupa bagikan artikel ini ya apabilah bermanfaat. Terima Kasih.