-->

Cara Tarik Peserta Didik Baru Kedalam Aplikasi Dapodik 2021

Cara Tarik Peserta Didik Baru Kedalam Aplikasi Dapodik 2021

Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara Tarik Data Peserta Didik Baru di Aplikasi Dapodik Versi 2021 Terbaru.

Cara Tarik Peserta Didik Pada Aplikasi Dapodik 2021 ini merupakan Tugas Operator disetiap Tahun Ajaran Baru atau di Semester 1. Perlu diketahui Peserta Didik Baru di Tingkat awal pada seluruh jenjang pendidikan menggunakan skema Online, Baik bersumber dari data Dapodik Maupun Non Dapodik / Emis.

Proses Tarik Data Peserta didik Baru telah terintegrasi secara otomatis dengan Output Data Hasil PPDB Daerah, sehingga Satuan Pendidikan tidak perlu repot-repot untuk tarik data kembali.

Dengan Catatan , proses tersebut dilakukan apabila Satuan Pendidikan telah menerapkan proses PPDB Online yang terintegrasi dengan Database Dapodik.

Tetapi apabila Satuan Pendidikan belum menerepakan skema tersebut, berarti proses tarik data Peserta Didik baru dilakukan secara manual.

Dan berikut ini adalah cara proses tarik data peserta didik Baru ke dalam Aplikasi Dapodik Versi 2021.
Cara Tarik Peserta Didik Baru di Aplikasi Dapodik 2021

Cara Tarik Peserta Didik Baru Kedalam Aplikasi Dapodik 2021

  1. Silahkan anda Kunjungi atau buka browser dan kunjungi laman berikut ini : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
    Cara Tarik Peserta Didik Baru di Aplikasi Dapodik 2021
  2. Kemudian silahkan anda login menggunakan SSO Akun Operator Dapodik
    Cara Tarik Peserta Didik Baru di Aplikasi Dapodik 2021
  3. Jika anda berhasil login, silahkan klik tab Menu Aplikasi dan Klik Menu PD Baru
  4. Maka nanti akan keluar Submenu Pilihan yaitu Dapodik dan Non Dapodik. Pada Sub Menu Dapodik digunakan untuk proses tarik data Peserta Didik baru yang datanya bersumber dari Aplikasi Dapodik sedangkan Submenu Non Dapodik itu digunakan untuk proses tarik data Peserta didik Baru Berasal dari data Emis.
  5. Setelah itu klik sub menu Dapodik maka akan keluar laman Pencarian Sekolah Asal Peserta Didik BAru.
  6. Silahkan anda Filter atau sesuaikan dengan kebutuhan anda kemudian cari pencarian peserta didik baru dengan cara menentukan asal provinsi, Kabupaten/kota, kecamatan,, nama sekolah, dan tahun lulus.
  7. Kemudian Klik Tombol Tampilkan, Makan Akan Keluar Seluruh Peserta didik dari hasil Filter data tersebut.
  8. Setelah itu silahkan anda berikan tanda Centang atau Cek list pada data peserta didik baru yang akan kita tarik datanya.
  9. Setelah itu klik tombol Daftarkan kemudian akan keluar Notifikasi Registrasi Peserta Didik Baru Tersebut.
  10. Setelah itu klik Tombol Tutup
  11. Silahkan lakukan langkah-langkah diatas untuk menarik data Peserta didik baru dari satuan Pendidikan lainnya.
  12. Agar Data Tarik Data Peserta Didik Baru tersebut masuk kedalam Aplikasi Dapodik Versi 2021, Silahkan anda Kerjakan terlebih dahulu Aplikasi dapodik 2021 sehingga tidak ada data yang invalid dan setelah itu silahkan anda lakukan sinkronisasi .
  13. Setelah itu jika data Peserta didik baru atau siswa baru sudah masuk dapodik 2021 silahkan nada masukkan ke dalam rombel.
  14. Selesai
Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Tarik Peserta Didik Baru di Aplikasi Dapodik 2021 yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangn lupa di share ya jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih.