Download Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Download Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Download Buku Guru dan Buku siswa Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka. Buku ini disiapkan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan buku pendidikan  yang bermutu, murah, dan merata sesuai dengan amanat dalam UU No. 3 Tahun 2017. Buku ini  disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui,  dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai  kalangan yang dialamatkan kepada penulis atau melalui alamat surel buku@kemdikbud.go.id diharapkan  dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan  Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan,  evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta  pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Pada tahun  2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku  teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar.  Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020  tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan  Dasar, dan Pendidikan Menengah. 

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan  Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan,  evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta  pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. 

Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku  teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar.  Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020  tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan  Dasar, dan Pendidikan Menengah. 

Selanjutnya, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengucapkan terima kasih  kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini mulai dari  penulis, penelaah, reviewer, supervisor, editor, ilustrator, desainer, dan pihak  terkait lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Semoga buku ini  dapat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 

Bapak dan Ibu Guru kelas satu, selamat menyambut tahun ajaran baru! Pada setiap awal tahun ajaran, guru selalu menyambut peserta didik baru.  Agar peserta didik baru cepat beradaptasi dan termotivasi untuk belajar di  kelas satu, guru perlu membuat suasana belajar menyenangkan. Buku Guru  ini tidak hanya berisi penjelasan materi dan langkah-langkah pembelajaran,  tetapi juga memberikan tip menata ruang kelas agar menyenangkan bagi  peserta didik kelas satu. Buku ini pun membagi tip membuat media dan alat  peraga untuk pembelajaran pelajaran Bahasa Indonesia kelas satu.

Download Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Materi pada buku ini mengembangkan kecakapan menyimak, membaca dan  mengamati, berbicara, berdiskusi dan mempresentasikan, serta menulis awal  peserta didik kelas satu. Beragam strategi literasi yang terdapat di buku ini  semoga dapat memperkaya pembelajaran guru di kelas satu. Ingatlah untuk menanamkan kebiasaan membaca melalui kegiatan yang menyenangkan. Dengan membacakan buku dan mendongengkannya setiap hari, para peserta didik akan mencintai bacaan. Tentunya, guru perlu memilihkan  sumber bacaan bermutu yang sesuai dengan daya konsentrasi dan kemampuan  membaca mereka. 

Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan sarana untuk meningkatkan  kemampuan berkomunikasi efektif peserta didik, mengembangkan kreativitas  dan daya kritisnya, serta memberikannya ruang untuk berkolaborasi sehingga  peserta didik dapat tumbuh menjadi pribadi yang positif. Kompetensi tersebut  dibutuhkan peserta didik untuk menghadapi tantangan di abad ke-21 ini.  Kompetisi abad ke-21 bagaimanapun akan membawa peserta didik ke arena  kompetisi global sehingga peserta didik perlu mengembangkan identitasnya  sebagai warga dunia. Seiring dengan itu, pembelajaran Bahasa Indonesia perlu  semakin mengukuhkan jati diri peserta didik Indonesia sebagai warga bangsa  yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. 

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang menjadi dasar penyusunan buku Bahasa Indonesia  ini dirumuskan sebagai berikut, “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang  hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai  Pancasila.” 

Profil Pelajar Pancasila merumuskan enam karakter sebagai dimensi kunci yang  saling terkait dan menguatkan. Keenam dimensi itu adalah 

1. beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; 

2. mandiri; 

3. bernalar kritis; 

4. kreatif; 

5. bergotong-royong; dan

6. berkebhinekaan global. 

Enam dimensi tersebut menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila tidak  hanya berfokus kepada kemampuan kognitif, namun juga kepada sikap dan  perilaku yang sesuai dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia. Profil Pelajar Pancasila telah merangkum kompetensi yang dibutuhkan  peserta didik untuk menjelang tantangan abad ke-21. Enam dimensi tersebut  diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di Buku Siswa  dan Buku Guru dengan pendekatan sebagaimana dijelaskan pada bagian  berikut ini. 

Pendekatan Buku Siswa dan Buku Guru Buku Siswa dan Buku Guru kelas satu ditulis dengan pendekatan sebagai berikut. 

1. Memotivasi dan menumbuhkan minat membaca peserta didik kelas satu. Setiap bab Buku Siswa kelas satu diawali dengan cerita bergambar dengan  tokoh manusia dan binatang. Setiap teks dilengkapi dengan ilustrasi dan  gambar yang menarik, serta dapat menumbuhkan daya kritis peserta didik. 

2. Memperkenalkan topik yang mencerminkan pengalaman keseharian peserta  didik kelas satu. Setiap bacaan pada Buku Siswa mengangkat pengalaman peserta didik  kelas satu, mulai dari bermain aman, berteman, menjaga kesehatan, hingga  mengenal keragaman di lingkungan sekitar. Bacaan ini dapat memantik  diskusi dengan para peserta didik kelas satu tentang pengalaman mereka. 

3. Membantu guru mengajar sesuai kemampuan peserta didik. Setiap bab Buku Guru dilengkapi dengan inspirasi kegiatan pendampingan  untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan khusus dan kegiatan  pengayaan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang lebih mahir.  Kegiatan pendampingan dan pengayaan ini dapat dilakukan secara individu  atau dalam kelompok kecil. dunia. Profil Pelajar Pancasila telah merangkum kompetensi yang dibutuhkan  peserta didik untuk menjelang tantangan abad ke-21. Enam dimensi tersebut  diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di Buku Siswa  dan Buku Guru dengan pendekatan sebagaimana dijelaskan pada bagian  berikut ini.  Pendekatan Buku Siswa dan Buku Guru Buku Siswa dan Buku Guru kelas satu ditulis dengan pendekatan sebagai berikut. 

1. Memotivasi dan menumbuhkan minat membaca peserta didik kelas satu. Setiap bab Buku Siswa kelas satu diawali dengan cerita bergambar dengan  tokoh manusia dan binatang. Setiap teks dilengkapi dengan ilustrasi dan  gambar yang menarik, serta dapat menumbuhkan daya kritis peserta didik. 

2. Memperkenalkan topik yang mencerminkan pengalaman keseharian peserta  didik kelas satu. Setiap bacaan pada Buku Siswa mengangkat pengalaman peserta didik  kelas satu, mulai dari bermain aman, berteman, menjaga kesehatan, hingga  mengenal keragaman di lingkungan sekitar. Bacaan ini dapat memantik  diskusi dengan para peserta didik kelas satu tentang pengalaman mereka. 

3. Membantu guru mengajar sesuai kemampuan peserta didik. Setiap bab Buku Guru dilengkapi dengan inspirasi kegiatan pendampingan  untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan khusus dan kegiatan  pengayaan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang lebih mahir. 

Kegiatan pendampingan dan pengayaan ini dapat dilakukan secara individu  atau dalam kelompok kecil.

Download Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka Format Pdf Terbaru (UNDUH)

Itulah penjelasan singkat mengenai Download Buku Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka yang dapat admin bagikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.