Download Contoh Modul Ajar Kelas 1 Kurikulum Merdeka Revisi 2022/2023

Download Contoh Modul Ajar Kelas 1 Kurikulum Merdeka Revisi 2022/2023 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Sesuai PP No 033 Kelas 1 SD/MI yang nantinya anda akan digunakan sebagai contoh untuk melengkapi perangkat ajar di kelas.

Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Tujuan Penerapan Kurikulum Merdeka

Di tahun ajaran 2022/2023 ini kurikulum Merdeka belajar resmi di gunakan bagi sistem pendidikan di Indonesia. Pengertian dari kurikulum Merdeka Sendiri adalah kurikulum dengan pendekatan yang dilakukan agar peserta didik bisa memilih sendiri pelajaran yang diminati. Fokus dari Kurikulum Merdeka Belajar adalah materi yang esensial dan pengembangan kopetensi peserta didik sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Kurikulum Merdeka Belajar memiliki tujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Selama ini, pendidikan di Indonesia lebih menekankan kepada aspek pengetahuan. Nah, Kurikulum Merdeka Belajar ingin menekankan pendidikan Indonesia pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Struktur Kurikulum Merdeka

Struktur Kurikulum Merdeka secara resmi telah dimuat dalam dasar hukum pedoman Kurikulum Merdeka terbaru, nah keputusan tersebut ada pada Keputusan Mendikbudristek RI Nomor 262/M/2022.

Download Contoh Modul Ajar Kelas 1 Kurikulum Merdeka Revisi 2022/2023
Modul ajar merupakan salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid.

Dalam menggunakan modul ajar, guru memiliki kemerdekaan untuk:

Memilih atau memodifikasi modul ajar yang disediakan Pemerintah untuk disesuaikan dengan karakteristik murid

Menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik murid

Buku teks adalah jenis perangkat ajar yang menjadi standar sumber informasi, serta disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu. Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan buku teks pelajaran.

Berdasarkan penggunanya, terdapat 2 versi buku teks, yaitu buku peserta didik (Buku Murid) dan buku panduan pendidik (Buku Guru). Buku Murid merupakan buku pegangan bagi peserta didik, sedangkan Buku Guru merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku peserta didik tersebut.

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Konsep Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP).

Jika satuan pendidikan menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP.

Jika satuan pendidikan mengembangkan modul ajar secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.

Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai perangkat ajar, termasuk modul ajar atau RPP, dengan kelengkapan komponen dan format yang beragam sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan murid.

Tujuan Pengembangan Modul Ajar

Pengembangan modul ajar bertujuan untuk menyediakan perangkat ajar yang dapat memandu guru melaksanakan pembelajaran.

Dalam penggunaannya, guru memiliki kemerdekaan untuk:

Memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan dengan karakteristik murid, atau

Menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik murid

Kriteria yang harus dimiliki modul ajar adalah:

Esensial: pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.

Menarik, bermakna, dan menantang: menumbuhkan minat belajar dan melibatkan murid secara aktif dalam proses belajar; berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.

Relevan dan kontekstual: berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, serta sesuai dengan konteks waktu dan lingkungan murid.

Berkesinambungan: keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar murid.

Komponen Modul Ajar

Modul ajar sekurang-kurangnya berisi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran (yang mencakup media pembelajaran yang akan digunakan), asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhannya.

Guru di satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar murid.

1. Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman.

Tujuan pembelajaran akan menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan.

Tujuan pembelajaran pun bisa mencakup berbagai bentuk, mulai dari pengetahuan (fakta dan informasi), prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, serta kolaborasi dan strategi komunikasi.

2. Kegiatan pembelajaran

Mencakup urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah konkret, yang disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar murid.

Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, dalam tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

3. Rencana asesmen

Rencana asesmen mencakup instrumen serta cara melakukan penilaian. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Asesmen dapat berupa asesmen formatif maupun asesmen sumatif. Namun, kedua jenis asesmen ini tidak harus selalu digunakan dalam modul ajar, melainkan dapat disesuaikan tergantung pada cakupan tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid.

Dalam merencanakan asesmen, guru juga perlu memahami salah satu prinsip asesmen dalam Kurikulum Merdeka adalah mendorong penggunaan berbagai bentuk asesmen, bukan hanya tes tertulis. Hal ini dilakukan agar pembelajaran bisa lebih terfokus pada kegiatan yang bermakna, serta informasi atau umpan balik dari asesmen tentang kemampuan murid juga menjadi lebih kaya dan bermanfaat dalam proses perancangan pembelajaran berikutnya.

Download Modul Ajar Kelas 1 Kurikulum Merdeka Revisi 2022 (Unduh)

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAI

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pendidikan Pancasila

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Matematika

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka IPAS

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka PJOK

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Budaya

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Musik

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Teater

modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 sd pdf, modul ajar kelas 1 sd sekolah penggerak, download modul kelas 1 sd, contoh modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 sd, modul ajar matematika kelas 1 sd kurikulum merdeka, modul kelas 1 sd pdf, modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 sd pai, modul ajar kurikulum merdeka kelas 1 sd pkn

Itulah penjelasan singkat mengenai modul ajar kelas 1 Kurikulum Merdeka Revisi 2022 yang dapat admin berikan, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.