Modul Ajar PAI Kelas 1 SD Bab 2. Mengenal Rukun Iman Kurikulum Merdeka

Modul Ajar PAI Kelas 1 SD Bab 2. Mengenal Rukun Iman Kurikulum Merdeka - Modul ajar PAI Kelas 1 Sekolah Dasar (SD) sesuai CP 003 ini admin bagikan sesuai CP tadi. Nah modul ajar yang admin bagikan model modul ajar kurikulum merdeka yang sesuai menggunakan buku paket Kemdikbud. Modul Ajar adalah ialah alat atau sarana media, metode, petunjuk ataupun pedoman yg sudah dibuat secara sistematis serta menarik.

Modul Ajar artinya Implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yg dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pancasila menjadi target. Modul Ajar sudah disusun sesuai dengan Fase atau tahapan atau termin perkembangan pada peserta didik untuk mempertimbangkan apa yg akan dipelajari dengan tujuan pembelejaran dan  berbasis perkembangan jangka panjang.

Modul ajar merupakan suatu bentuk materi atau bahan ajar yang disusun secara sistematis dan  terstruktur buat memfasilitasi proses pembelajaran. Modul ajar berisi gosip, penerangan, dan  latihan-latihan yang bertujuan buat memudahkan peserta didik pada tahu suatu konsep atau topik eksklusif. Modul ajar umumnya disusun sang para guru atau ahli pada suatu bidang buat digunakan pada proses belajar mengajar di kelas, baik pada bentuk cetak juga digital.

Modul ajar memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri serta menyesuaikan menggunakan kecepatan belajar masing-masing. Modul ajar dapat didesain sesuai menggunakan tujuan dan  kurikulum yang ingin dicapai, sebagai akibatnya peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dan  mendalam wacana materi pelajaran yang dipelajari.

Modul ajar jua dapat mencakup berbagai jenis kegiatan pembelajaran, mirip tugas-tugas serta proyek-proyek yg didesain buat menaikkan pemahaman peserta didik perihal suatu topik. Modul ajar yang baik wajib  mampu merangsang minat serta motivasi siswa pada belajar, dan  dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh dan  seksama wacana bahan ajar yg diberikan.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum menggunakan pembelajaran intrakurikuler yg majemuk di mana konten akan lebih optimal agar siswa mempunyai cukup waktu untuk mendalami konsep serta menguatkan kompetensi.

Modul Ajar PAI Kelas 1 SD Bab 2. Mengenal Rukun Iman Kurikulum Merdeka
Modul Ajar PAI Kelas 1 SD Bab 2. Mengenal Rukun Iman Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah komponen modul ajar Kurikulum Merdeka yang harus anda ketahui

- Bab 2. Mengenal Rukun Iman

Lebih berasal itu, berikut ini komponen modul ajar kurikulum merdeka yg perlu diketahui...

A. IDENTITAS MODUL

informasi wacana modul ajar yg dikembangkan terdiri berasal:

  • Nama penyusun, institusi, serta tahun disusunnya Modul Ajar.
  • Jenjang sekolah (SD/SMP/Sekolah Menengan Atas)
  • Kelas
  • Alokasi waktu (penentuan alokasi waktu yg digunakan ialah alokasi saat sinkron dengan jam pelajaran yang berlaku pada unit kerja masing-masing)

B. KOMPETENSI AWAL

Kompetensi awal artinya pengetahuan dan /atau keterampilan yg perlu dimiliki peserta didik sebelum menelaah topik eksklusif. Kompetensi awal adalah ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang.

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA

merupakan tujuan akhir dari suatu aktivitas pembelajaran yg berkaitan erat menggunakan pembentukan karakter siswa. Profil Pelajar Pancasila (PPP) bisa tercermin pada konten serta/atau metode pembelajaran.

pada dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, tetapi bisa menentukan Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan aktivitas pembelajaran pada modul ajar

Enam dimensi Profil Pelajar Pancasila saling berkaitan serta terintegrasi dalam semua mata pelajaran melalui (terlihat dengan kentara di dalam):

  • materi/isi pelajaran,
  • pengajaran, serta/atau
  • kegiatan projek atau
  • asesmen

Setiap modul ajar memuat satu atau beberapa unsur dimensi Profil Pelajar Pancasila yang sudah ditetapkan

D. SARANA DAN PRASARANA

ialah fasilitas serta bahan yg dibutuhkan buat menunjang aktivitas pembelajaran. wahana merujuk pada alat serta bahan yang digunakan, ad interim prasarana pada dalamnya termasuk materi serta asal bahan ajar lain yang relevan yg digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Ketersediaan materi disarankan mempertimbangkan kebutuhan siswa baik menggunakan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, termasuk wahana serta prasarana yang krusial buat diperhatikan, dan  jua dimanfaatkan supaya pembelajaran lebih pada serta bermakna.

E. TARGET SISWA

 peserta didik yang menjadi target yaitu;

  • peserta didik reguler/tipikal: umum , tidak ada kesulitan dalam mencerna dan  tahu bahan ajar.
  • siswa menggunakan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya menggunakan audio. mempunyai kesulitan menggunakan bahasa serta pemahaman bahan ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb.
  • peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna serta memahami menggunakan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan  memiliki keterampilan memimpin.

F. CONTOH PEMBELAJARAN

ialah contoh atau kerangka pembelajaran yg memberikan gambaran sistematis aplikasi pembelajaran. contoh pembelajaran bisa berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jeda jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jeda jauh luar jaringan (PJJ Luring), serta blended learning

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan pembelajaran wajib  mencerminkan hal-hal krusial dari pembelajaran serta harus bisa diuji menggunakan banyak sekali bentuk asesmen menjadi bentuk asal unjuk pemahaman.

Tujuan pembelajaran menentukan aktivitas belajar, asal daya yang digunakan, kesesuaian menggunakan keberagaman siswa, dan  metode asesmen yang digunakan.

Tujuan pembelajaran bisa asal banyak sekali bentuk: pengetahuan yang berupa fakta serta berita, serta jua prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan  penalaran keterampilan, dan  kolaboratif dan  strategi komunikasi.

B. PEMAHAMAN BERMAKNA

Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh sehabis mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tadi nantinya bisa siswa terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

contoh kalimat pemahaman bermakna:

  • insan berorganisasi untuk memecahkan masalah dan  mencapai suatu tujuan.
  • Makhluk hidup beradaptasi menggunakan perubahan tempat asli.

C. PERTANYAAN PEMANTIK

Pertanyaan pemantik dirancang oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin memahami serta akal budi kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu peserta didik buat memperoleh pemahaman bermakna sesuai menggunakan tujuan pembelajaran

contohnya pada pembelajaran menulis cerpen, pengajar dapat mendorong pertanyaan pemantik sebagai berikut:

  • Apa yg membentuk sebuah cerpen menarik buat dibaca?
  • Jika engkau  diminta untuk membuat akhir cerita yg tidak sinkron, apa yang akan engkau  usulkan?

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Urutan aktivitas pembelajaran inti pada bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yg dituangkan secara nyata, disertakan opsi/pembelajaran alternatif serta langkah buat menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa.

Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi saat yang direncanakan, mencakup 3 termin, yakni pendahuluan, inti, serta epilog berbasis metode pembelajaran aktif.

E. ASESMEN

Asesmen digunakan buat mengukur capaian pembelajaran di akhir aktivitas. Kriteria pencapaian wajib  dipengaruhi dengan jelas sinkron dengan tujuan pembelajaran yg ditetapkan.

Jenis asesmen:

  • Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik)
  • Asesmen selama proses pembelajaran (formatif)
  • Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif)

Bentuk asesmen yg mampu dilakukan:

  • sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, serta anekdotal.
  • Performa (presentasi, drama, pameran yang akan terjadi karya, jurnal, dsb.)
  • Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-keliru).
Download Modul Ajar PAI Kelas 1 SD Bab 2. Mengenal Rukun Iman Kurikulum Merdeka (Unduh)

Itulah penjelasan singkat mengenai Modul Ajar PAI Kelas 1 SD Bab 2. Mengenal Rukun Iman Kurikulum Merdeka yang dapat admin jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.