Cara Mengisi Nilai US/USBN dan Rapor Pada Aplikasi Dapodik 2019.c Agar Tidak Error

Cara Mengisi Nilai US/USBN dan Rapor Pada Aplikasi Dapodik 2019.c Agar Tidak Error - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara Mengisi Nilai US/USBN dan Rapor Pada Aplikasi Dapodik 2019.c dengan mengikuti Prosedur yang berlaku.

Untuk pengisian Pada Nilai US/USBN dan Raport ini ada beberapa posedur yang haus kita ikuti dan kita terapkan, untuk cara mengisinya pun tidak jauh berbeda dengan Aplikasi dapodik yang sebelumnya.

Target Pendataan Nilai Tahun 2019
Pendataan Nilai Peserta didik ditunjukkan bagi  satuan pendidikan dibawah Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada Periode pendataan tahun 2019 target pendataan nilai US/USBN adalah data nilai US/USBN semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.

Kewenangan Input Data Nilai
Kewenangan input nilai diberikan kepada operator sekolah  sebagai petugas pendataan disekolah serta kepada guru mata pelajaran.

Prosedur Input Data
Dalam rangka menjaring data nilai yang dimiliki kualitas baik maka disusun prosedur penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c. Prosedur ini diharapkan diikuti oleh sekolah dalam pelaksanaan pendataan nilai peserta didik. Kegiatan yang dilakukan meliputi proses persiapan dan proses input Nilai terdiri dari Prosedur pendatan nilai US/USBN dan Pendataan nilai Rapor.

Persiapan Data
Menu nlai menggunakan data relasional, sehingga bergantung pada kelengkapan data relasinya. Dalam Proses untuk mengisi data , nilai terdapat beberapa data yang diperlu dipastikan sudah tepat dan lengkap, yaitu:
1. Pemilihan Kurikulum di rombongan belajarn (KTSP/Kurikulum 2013)
2. Anggota Rombongan belajar
3. Pembelajaran

Persiapan data ini berguna untuk menghindari adanya error dikarenakan terdapat data relasi menu nilai yang tidak lengkap. berikut adalah contoh peringatan karena belum diisi data rombongan belajar dan pembelajaran.

Tabulasi nilai di aplikasi Dapodikdasmen (Dapodik 2019.c) menampilkan dat pengimputan nilai dari semester sebelumnya. Sekolah dapat menginput menginput nilai sebelumnya dengan memilih semester yang akan diinput nilainya. Jika Mata pelajaran yang akan di berikan nilai tidak tampil, maka pengimputan nilai untuk mata pelajaran di semester tersebut tidak perlu diinput.

Cara Mengisi Nilai US/USBN dan Rapor Pada Aplikasi Dapodik 2019.c Agar Tidak Error
Cara Mengisi Nilai US/USBN dan Rapor Pada Aplikasi Dapodik 2019.c Agar Tidak Error
Menu Nilai Berikut adalah tampilan dari menu nilai raport dan nilai US/USBN pada Aplikasi Dapodikdasmen 2019.c.
Sebagai peunjuk untuk menginput data nilai raport dan US/USBN berikut adalah pengenalan dari setiap tombol pada menu nilai:
Cara Mengisi Nilai US/USBN dan Rapor Pada Aplikasi Dapodik 2019.c Agar Tidak Error

Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Mengisi Nilai US/USBN dan Rapor Pada Aplikasi Dapodik 2019.c Agar Tidak Error yang dapt admin jelaskan. jangan lupa bagikan ya.

Download Panduan Tentang Keluhan Dapodik 2019.c