-->

Cara Tambah Data Peserta Didik di luar Aplikasi Dapodik 2020

Cara Tambah Data Peserta Didik di luar Aplikasi Dapodik 2020 - Rekan2 semua kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Tambah Data Peserta Didik di luar Aplikasi Dapodik 2020. Untuk menambah atau mutasi peserta didik jangan asal asalan ya, semua itu ada petunjuk juknis atau alurnya.

Bagi sekolah yang ingin menambahkan peserta didik baru yang belum terdata di dapodik dapat menginput data peserta didik secara online melalui laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id (Manajemen Sekolah). Hal yang membedakan dengan proses tarik peserta didik yaitu saat proses pemilihan “Sumber Data” dipilih tambah pd diluar dapodik.
Cara Tambah Data Peserta Didik di luar Aplikasi Dapodik 2020
Cara Tambah Data Peserta Didik di luar Aplikasi Dapodik 2020

Untuk menambah data peserta didik yang belum terinput ke dalam sistem dapodik terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan setelah masuk ke menu tambah peserta didik, yaitu:
  1. Pada menu peserta didik baru, pilih “tambah PD diluar dapodik” pada formulir sumber data.
  2. Isi formulir data peserta didik baru dengan benar dan akurat terutama dalam pemilihan rombongan belajar tujuan bagi peserta didik baru tersebut.
  3. Terdapat sebuah informasi dalam proses menambah peserta didik baru yang harus dilakukan oleh petugas pendataan.
  4. Klik tombol “ simpan “
  5. Data yang telah ditambahkan akan masuk ke menu peserta didik diluar dapodik yang ditambahkan dan data akan masuk dalam list antrian verifikasi admin dinas pendidikan. Lapor ke dinas kabupaten/kota (jenjang SD dan SMP) dan provinsi (jenjang SMA, SMK dan SLB) untuk melakukan proses konfirmasi (approval) di manajemen dapodikdasmen milik dinas pendidikan.

Setelah proses konfirmasi (approval) dinas pendidikan selesai, lakukan sinkronisasi aplikasi dapodikdasmen oleh petugas pendataan sekolah agar data peserta didik tersebut muncul di aplikasi dapodikdasmen.