Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Rombel Pada Aplikasi Dapodik 2020.a

Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Rombel Pada Aplikasi Dapodik 2020.a - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Pejelasan mengenai Berbagai Masalah di Rombel Pada Aplikasi Dapodik 2020.a.

Sebelumnya admin sudah membuat postingan mengenai Cara mengisi, Menambah,Membuat, Mengisi Pembelajaran, Memasukkan Peserta didik dan Juga Cara Memindahkan Anggota Rombel di Aplikasi Dapodik 2020.a Terbaru pada tahun Ajaran 2019/2020 Semester 1.

Baiklah berikut mengenai Pertanyaan dan Jawaban Terkait beberapa Masalah yang di hadapi Operator sekolah Terkait Rombel atau Rombongan Belajar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Salah Rombel Saat Tarik Peserta Didik Ke Aplikasi Dapodik 2020

Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Rombel Pada Aplikasi Dapodik 2020.a

1. Bagaimana cara membuat rombongan belajar (Rombel)?
Sama seperti tahun sebelumnya. Namun jika Rombel tersebut berlanjut ke tingkat selanjutnya, gunakan fasilitas kenaikan kelas dengan asumsi siswa tetap, tidak di acak atau random. Namun jika diacak kembali, maka buatlah Rombel baru seperti prosedur awal.

2. Kurikulum apa saja yang dipilih?
Sesuai dengan ketentuan dari puspurdik sekolah yang terdaftar sebagai pengguna kurikulum 2013 bisa tetap menggunakan kurikulum tersebut, tapi bila tidak terdaftar sekolah harus menggunakan kurikulum KTSP.

3. Bagaimana cara pengaturan Jumlah Jam Mengajar (JJM) di dalam Rombel?
Ikuti peraturan pada pengaturan jam sesuai dengan peraturan menteri tentang kurikulum dan pelajari modul validasi pengisian data PTK dari Direktorat GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

4. Kenapa isian Rombel di tabel peserta didik tidak bisa diedit?
Untuk mengedit isian Rombel pada tabel peserta didik, lakukan registrasi terlebih dahulu bila peserta didiknya belum diregistrasi. Setelah itu klik tabel rombongan belajar, pilih kelas, lalu klik anggota Rombel. Kemudian pilih nama dan mapping ke Rombel ya. Setelah itu lakukan refresh dengan cara menekan tombol ctrl+f5.

5. Apakah Rombel harus dihapus untuk mengubah KTSP 2006 ke Kurikulum 2013, begitu juga sebaliknya?
Tidak. Cukup dengan mengganti kurikulumnya saja dan mengedit kembali pembagian PTK Mengajar sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan.

6. Bagaimana langkah mengganti kurikulum agar tidak perlu menghapus Rombelnya?
  • Silakan pilih Rombelnya, ganti kurikulum yang sesuai dengan mengklik kolom kurikulum. Setelah diganti, klik simpan.
  • Refresh atau tekan CTRL + F5.
  • Klik Rombelnya, lalu klik pembelajaran.
  • Setelah muncul pembelajarannya, silakan edit sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan baik itu KTSP atau Kurikulum 2013 lalu klik simpan.
  • Jika Kurikulum 2013 SMP diganti ke KTSP SMP, selain mengganti pembagian jam mengajar juga harus menghapus mata pelajaran prakarya.
  • Jika KTSP SMP diganti ke Kurikulum 2013 SMP (sekolah terpilih Kurikulum 2013 SMP), hapus mata pelajaran TIK.
Itulah Penjelasan Singkat Mengenai Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Rombel Pada Aplikasi Dapodik 2020.a yang dapat admin gabikan, Semoga artikel ini bermanfaat Aamiin.