Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru

Rekan-rekan smua kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Kegiatan Belajar 3- Profesional, membahas tentang BAHAN AJAR POKOK, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS  TIK.  Kegiatan Belajar 3 membahas tentang bahan ajar dan alat pembelajaran pokok, remedial, dan pengayaan tematik di SD berbasis TIK serta prosedur penyusunannya.  

Secara spesifik, Kegiatan Belajar 3 memandu peserta untuk mempelajari tentang: (1) pembelajaran tematik berbasis TIK di SD;  (2) pembelajaran remedial berbasis TIK di SD: (3) pembelajaran pengayaan berbasis TIK di SD, (4) tata cara penyusunan bahan ajar tematik berbasis TIK;  dan (6) penggunaan bahan ajar tematik berbasis TIK dalam pembelajaran di SD. 

Kegiatan Belajar 3 dilengkapi dengan bahan tayang, contoh bahan ajar, dan pembelajaran video untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang bahan ajar dan prosedur penyusunannya untuk pembelajaran tematik berbasi TIk di SD Materi Kegiatan Belajar 3 pada modul yang relevan dengan pembelajaran di SD pada Era Revolusi Industri 4.0  dan kebijakankementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Pasal 24 ayat (1) tentang Integrasi TIK dalam permbelajaran di SD.  

Kegiatan Belajar pada modul ini juga membahas tentang pembelajaran tematik, mulal dari hakikat dan implementasinya yang relevan dengan pembelajaran di SD Selain itu pembahasan tentang bahan ajar tematik berbasis TIK dan tata cara penyusunannya untuk kegiatan belajar pokok.  perbaikan.  dan pengayaan sangat diperfukan oleh peserta sebagai guru SD dan relevan dengan kompetensi utama SD kompetensi profesional yang terkait pengembangan bahan ajar.

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru

Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran untuk setiap peserta yang diharapkan pada KB 3 ini adalah mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik di SD dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter indonesia).  

pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, inovatif kreatit kolaboratif, humanis, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian Sub-Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran di atas, dirinci lebih spesifik menjadi sub-kapaian pembelajaran yang diharapkan  dari setiap peserta sebagai beriku.  

1 Menguasai bahan ajar pokok pembelajaran tematik berbasis TIK 3 Menguasai alat remedial dan pengayaan pembelajaran tematik berbasis TIK . Menyusun bahan ajar pokok pembelajaran tematik berbasis Tix A Menyun alat remedial s pepgayaan pembelajaran temati berbasis TIK.

Itulah penjelasan singkat mengenai Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru yang dapat admin jelaskan.

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG Terbaru

 

1. Gurubermaksud untuk mengembangkan LKPD berbasis TIK dengan cara memandu pesertadidik dengan langkah kerja yang dapat ditayangkan melalui proyektor. Perangkatlunak yang sebaiknya digunakan untuk mendesain LKPD tersebut adalah ....

a. MicrosoftWord

b. MicrosoftExcel

c. Corel Draw

d. AdobePhotoshop

e. MicrosoftPowerpoint

 

2. Seorangpeserta didik teridentifikasi memiliki gaya belajar auditori. Ia sulit memahamiperintah kerja yang disampaikan oleh guru melalui LKPD yang dikemas dalambentuk gambar dan tulisan. Apakah yang akan Anda lakukan seandainya Anda adalahguru kelas tersebut?

a. Mengembangkandan menggunakan LKPD tematik berbasis TIK yang hanya mengandung unsur auditori.

b. Mengembangkandan menggunakan LKPD tematik berbasis TIK yang memadukan unsur audio-visual.

c. MenggunakanLKPD dengan petunjuk dan langkah kerja dibacakan berulang-ulang oleh guru agarpeserta didik tersebut memahaminya.

d. Mengembangkandan menggunakan LKPD tematik berbasis TIK yang memuat banyak ilsutrasi berupagambar.

e. MenggunakanLKPD tematik berbasis TIK yang memuat berbagai jenis LKPD sesuai dengankarakteristik materi pembelajaran dan mata pelajaran.

 

3. Seorang gurukelas menggunakan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK yang cenderung mengujipemahaman peserta didik tentang materi pembelajaran yang sedang dipelajari.Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang penggunaan LKPD pembelajaran tematikberbasis TIK oleh guru tersebut?

a. Guru kelirudalam memanfaatkan LKPD karena tidak memfasilitasi karakteristik peserta didikSD yang senang melakukan aktivitas secara langsung.

b. Guru telahmenggunakan LKPD sesuai dengan fungsinya sebagai sarana atau alat bantupembelajaran.

c. Guru kelirudalam memanfaatkan LKPD karena tidak menarik dan tidak memotivasi peserta didikuntuk belajar.

d. Guru tidakdapat membedakan LKPD dengan instrumen evaluasi sehingga penggunaan LKPD tidakberorientasi pada proses.

e. Guru telahmenggunakan LKPD sesuai dengan fungsinya sebagai sumber belajar dan alatpenilaian.

 

4. Seorang guruakan mengembangkan LKPD dengan tujuan supaya peserta didik dapat membuktikanhubungan antara gaya dan gerak benda. Jenis LKPD yang relevan untuk tujuantersebut adalah ....

a. LKPD LatihanPsikomotorik Tidak Terstruktur

b. LKPDEksploratif Terstruktur

c. LKPD LatihanPsikomotorik Terstruktur

d. LKPDEkploratif Tidak Terstruktur

e. LKPDEksperimental Terstruktur

 

5. LKPD yangrelevan untuk tujuan pembelajaran “melalui mengamati benda-benda di sekitarkelas, peserta didik dapat menyebutkan tiga contoh benda berbentuk balok”adalah ....

a. LKPD LatihanPsikomotorik Terstruktur

b. LKPDEksperimental Terstruktur

c. LKPDEkploratif Terstruktur

d. LKPD LatihanPsikomotorik Tidak Terstruktur

e. LKPDEksperimental Tidak Terstruktur

 

6. Seorang gurukelas bermaksud untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis hurufdan angka. Jenis LKPD yang relevan untuk kondisi tersebut adalah ....

a. LKPDEksperimental Terstruktur

b. LKPDEkploratif Tidak Terstruktur

c. LKPD LatihanPsikomotorik

d. LKPDEksperimental Tidak Terstruktur

e. LKPDEksploratif Terstruktur

 

7. Seorang gurukelas telah mengembangkan LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenis LKPDEksploratif yang mengandung sedikit petunjuk atau langkah kerja dengan materipembelajaran lengkap, luas, dan mendalam mulai dari penunjang, pokok, dan pengembangan.Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPD pembelajaran berbasis TIK yangdikembangkan guru tersebut?

a. LKPD yangdikembangkan oleh guru berfungsi sebagai sumber belajar dan bahan ajar.

b. LKPD yangdikembangkan oleh guru memungkinkan peserta didik menggali pengetahuan yanglebih luas dan mendalam.

c. LKPD yangdikembangkan oleh guru tidak relevan dengan karakteristik peserta didik SD yangmasih berpikir secara konkret dan terpadu.

d. LKPD yangdikembangkan oleh guru membatasi aktivitas peserta didik dalam melakukaneksplorasi.

e. LKPD yangdikembangkan oleh guru sudah lengkap dan baik untuk digunakan dalam pembelajaran.

 

8. Berikutmerupakan pernyataan yang tepat tentang LKPD pembelajaran tematik berbasis TIKuntuk pembelajaran di SD adalah ...

a. LKPD tematikberbasis TIK akan membuat peserta didik pasif selama pembelajaran berlangsung.

b. LKPD tematikberbasis TIK relevan dengan peserta didik yang telah berpikir abstrak.

c. LKPD tematikberbasis TIK memerlukan kontrol yang ketat oleh guru agar peserta didik amansecara fisik dan mental.

d. LKPD tematikberbasis TIK dapat menjauhkan peserta didik dengan konteks dunia nyata.

e. LKPD tematikberbasis TIK hanya berperan sebagai alat bantu atau pendukung pembelajaran.

 

9. Seorang guruhanya mengembangkan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK untuk tujuanpembelajaran tertentu yang dianggap penting untuk peserta didik beraktivitas.Bagaimanakah pendapat Anda tentang LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut?

a. Saya setujudengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena fungsi LKPD adalah sebagai alatbantu pembelajaran.

b. Saya tidaksetuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena dapat membatasi aktivitasbelajar peserta didik.

c. Saya setujudengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena tidak semua materi atau tujuanpembelajaran harus difasilitasi melalui LKPD

d. Saya tidaksetuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena seharusnya LKPDdikembangkan secara lengkap untuk seluruh tujuan pembelajaran.

e. Saya tidaksetuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena LKPD tidak hanya sebagaialat bantu pembelajaran tetapi harus menjadi bagian integral dari prosespembelajaran

 

10. Seorang gurukelas di kelas 1 SD telah mengembangkan LKPD tematik berbasis TIK. Semua teksdalam LKPD berbentuk tulisan tentang petunjuk dan langkah kerja yang harusdilakukan oleh peserta didik. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPDyang telah dikembangkan oleh guru tersebut?

a. LKPD yangdikembangkan oleh guru sebaiknya mengandung teks berbentuk tulisan dan gambardengan proporsi seimbang.

b. LKPD yangdikembangkan oleh guru relevan dengan karakteristik peserta didik SD yangsenang melakukan aktivitas langsung.

c. LKPD yangdikembangkan oleh guru efektif untuk menyampaikan pesan berbentuk materipembelajaran kepada peserta didik.

d. LKPD yangdikembangkan oleh guru dapat memandu peserta didik untuk menyelesaikan tugasbelajar.

e. LKPD yangdikembangkan oleh guru seharusnya lebih banyak ilustrasi gambar karena pesertadidik masih pada awal berpikir konkret


Baca juga :

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 4 PPG 2020 Terbaru