Buku PAUD Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Buku PAUD Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku Kurikulum Merdeka Tahun 2022 - Buku Belajar dan Bermain Berbasis Buku PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2022 - Rekan-rekan kali ini admin akan membagikan Buku Belajar dan Bermain Berbasis Buku PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2022. bagi anda yang ingin memilkinya silahkan download Buku Belajar dan Bermain Berbasis Buku PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2022 pada link yang sudah admin sediakan dibawa ini secara gratis

Buku ini disiapkan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan buku pendidikan yang bermutu, murah, dan merata sesuai dengan amanat dalam UU No. 3 Tahun 2017. Buku ini  disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis atau melalui alamat surel buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. 

Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. 

Buku PAUD Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk Satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini. 

Selanjutnya, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini mulai dari penulis, penelaah, penyunting, ilustrator, desainer, dan pihak terkait lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Semoga buku ini dapat bermanfaat untuk mendukung pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah.

Ibu dan Bapak Guru PAUD, apa kabar? Semoga Ibu dan Bapak senantiasa bersemangat sekaligus berbahagia mendampingi anak-anak kita.Buku Bermain Berbasis Buku ini dirancang sebagai penghargaan untuk Ibu dan Bapak Guru dalam mengakrabkan anak-anak dengan buku melalui berbagai kegiatan. Pada bab pertama disajikan bahasan singkat tentang pentingnya bermain dan pentingnya buku. Ibu dan Bapak Guru tentu memahami bahwa bermain merupakan bagian penting dalam proses belajar dan tumbuh kembang anak. Pada saat yang sama, buku merupakan bagian penting untuk berkembangnya kecakapan literasi anak. 

Bab kedua membahas berbagai alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama buku. Kegiatan berbasis buku ini diperjelas secara terperinci pada bab ketiga melalui contoh praktis dengan buku-buku pilihan, sehingga guru dapat melakukan dan mengembangkan kegiatan di kelas masing-masing. Bagian keempat merangkum lembar perencanaan, dan dokumentasi asesmen. Besar harapan kami menjadikan buku ini sebagai sahabat Ibu dan Bapak Guru beserta anak didiknya dalam berkegiatan. Belajar dan bermain bersama buku akan membangun pengetahuan anak dengan penuh gembira. 

Buku Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku untuk Satuan PAUD ini adalah petunjuk praktis untuk guru dalam memanfaatkan buku sebagai sumber belajar dan bermain bersama anak. Buku ini memandu guru secara sistematis dan menyenangkan dalam menghadirkan buku pada keseharian anak. Pada buku ini terdapat beberapa gambar penanda sebagai berikut untuk mewakili capaian pembelajaran yang diturunkan menjadi tujuan pembelajaran untuk masing-masing kegiatan belajar dan bermain berbasis buku, seperti berikutNilai Agama dan Budi PekertiAnak mengetahui cara menjadi teman yang baik.

Anak mau menolong teman yang membutuhkan bantuan Jati Diri Anak mengenali panca indra dan kegunaannya.Anak mempunyai keinginan dan tahu bahwa dia harus berusaha mencapainya.Anak sadar bahwa dalam mencapai keinginannya, ia akan menghadapi banyak halangan namun ia tidak boleh putus asa. Dasar-dasar Literasi dan STEAM Anak mengerti yang diinginkan Woli dan halangan yang  dihadapinya.Anak mengenali benda-benda yang ada di dalam buku. Anak tahu tentang panca indra dan kegunaannya Anak ingin tahu akhir cerita Woli. Anak membuat karya-karya berdasarkan cerita Woli

Bagian utama dari buku ini berisi petunjuk dalam mengeksplorasi sebuah buku  untuk berbagai jenis kegiatan. Empat buku cerita anak dengan tema yang berbeda disajikan sebagai sumber inspirasi yang dapat diterapkan oleh guru di kelas sesuai dengan kondisi dan karakter siswa. Kegiatan yang dapat dibangun oleh guru  bersama siswa dengan berbasis buku diberikan dengan penyajian tabel kegiatan.

Download Buku Belajar dan Bermain Berbasis Buku PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2022 (UNDUH)

Itulah penjelasan singkat mengenai Buku Belajar dan Bermain Berbasis Buku PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2022 yang dapat admin bagikan semoga artikel ini bermanfaat. terima kasih.