Buku PAUD Panduan Guru Jati Diri Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Buku PAUD Panduan Guru Jati Diri Kurikulum Merdeka Tahun 2022 - Buku PAUD Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Kurikulum Merdeka Tahun 2022 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Buku panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Kurikulum Merdeka Tahun 2022 - Buku ini disiapkan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan buku pendidikan yang bermutu, murah, dan merata sesuai dengan amanat dalam UU No. 3 Tahun 2017. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis atau melalui alamat surel buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, 

dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. 

Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini. 

Buku PAUD Panduan Guru Jati Diri Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Selanjutnya, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini mulai dari penulis, penelaah, penyunting, ilustrator, desainer, dan pihak terkait lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Semoga buku ini dapat bermanfaat untuk mendukung pembelajaran, baik di sekolah maupun di rumah

Puji dan syukur Tim Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat limpahan kesehatan serta hikmat-Nya Tim Penulis dapat menyusun buku ini hingga selesai tepat waktu. 

Tentunya, dinamika dan tantangan yang ada selama penulisan buku ini menjadi proses pembelajaran yang sangat berarti bagi Tim Penulis. Buku ini merupakan bagian dari buku-buku lain sebagai pedoman atau pegangan bagi guru, pengelola, dan pengawas sekolah agar dapat mengimplementasikan Merdeka Belajar dan Merdeka Bermain di kelasnya. Buku ini merupakan bagian holistik untuk membangun proil pelajar Pancasila dengan kompetensi yang utuh.Pembelajaran dengan kurikulum Paradigma Baru, yang harapannya segera terimplementasi di seluruh lembaga pendidikan, tercermin dalam isi buku ini. 

Para pendidik, pengelola, dan juga pengawas sekolah perlu terus belajar, bergerak, mendengar, serta melihat kebutuhan peserta didik masing-masing sehingga dapat mengembangkan isi buku ini sesuai dengan konteks, ciri, kebutuhan, dan karakteristik lembaganya. Hakikat pendidikan yang memerdekakan diusung dalam buku ini, yaitu yang mencoba memberi ruang kepada setiap pembacanya untuk dapat mengembangkan dan mengadaptasi materi sehingga karakteristik dari setiap lembaga pendidikan terakomodasi untuk menampilkan jati dirinya. 

Buku ini berjudul Buku Panduan Guru: Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk PAUD. Sebagaimana judul tersebut, capaian pembelajaran yang dikembangkan dalam buku ini adalah mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak usia dini secara holistik melalui pengelolaan emosi, penjagaan kesehatan diri, serta pengenalan diri guna membentuk jati diri.

Tim Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penulisan buku ini, terutama Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Semoga buku ini dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat, khususnya bagi para pelaku pendidikan PAUD dalam memfasilitasi generasi penerus bangsa menjadi generasi berakhlak mulia, berkarakter unggul, dan berpikir kreatif.

Buku ini merupakan bagian dari buku panduan guru yang dapat dipraktikkan dan dikembangkan oleh guru pada satuan PAUD. Buku panduan ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum kepada guru PAUD dalam proses pembimbingan, pembentukan, dan pengembangan kegiatan CP Jati Diri. Konsep Merdeka Belajar dan Merdeka Bermain menjadikan ragam contoh kegiatan pada buku ini bukan merupakan bentuk baku yang wajib diikuti oleh guru pada satuan PAUD. Guru dapat mengembangkan bentuk kegiatan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan visi dan misi sekolah masing-masing.

Buku PAUD Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Kurikulum Merdeka Tahun 2022 (UNDUH)

Itulah penjelasan singkat mengenai Buku PAUD Kurikulum Merdeka Untuk Guru Tahun 2022 yang dapat admin berikan semoga artikel ini bermanfaat. terima kasih.