Buku PAUD Panduan Guru Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka Untuk Guru Tahun 2022

Buku PAUD Panduan Guru Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka Untuk Guru Tahun 2022 - Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam Buku PAUD Kurikulum Merdeka Untuk Guru Tahun 2022 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Buku Guru Literasi dan Steam Buku PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Format PDF. Nah pada Buku PAUD Kurikulum Merdeka ini admin bagikan secara gratis. jadi bagi anda yang ingin memiliki download buku Guru Literasi dan Steam PAUD Kurikulum Merdeka ini silahkan download pada link dibawah ini secara gratis.

Buku ini disiapkan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan buku pendidikan yang bermutu, murah, dan merata sesuai dengan amanat dalam UU No. 3 Tahun 2017. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis atau melalui alamat surel buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengernbangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. 

Buku PAUD Panduan Guru Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka Untuk Guru Tahun 2022

Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk Satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Selanjutnya, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini mulai dari penulis, penelaah, penyunting, ilustrator, desainer, dan pihak terkait lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Semoga buku ini dapat bermanfaat untuk mendukung pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM untuk satuan PAUD hadir melengkapi seri Buku Panduan Guru PAUD. Buku ini berisi tentang apa itu Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM serta bagaimana penerapannya dalam kurikulum operasional satuan PAUD sesuai dengan konteks lokal satuan. Buku ini juga memberikan contoh kejadian dan kegiatan yang dilengkapi dengan foto serta ilustrasi untuk memberikan gambaran lebih utuh terkait turunan Elemen Literasi dan STEAM dalam pembelajaran. Buku ini ditulis agar Guru PAUD dapat memaknai capaian pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kekhasan karakteristik Satuan PAUD seperti kondisi anak didik, orang tua, sosial masyarakat, lingkungan dan hal lain yang terkait dengan keberadaan satuan PAUD. 

Diharapkan setelah membaca buku ini, Guru PAUD akan mendapatkan gambaran bagaimana proses pembelajaran bermuatan Literasi dan STEAM dapat dihadirkan di kelas sehingga guru dapat menerapkannya di Satuan PAUD masingmasing. 

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD digunakan untuk memandu para pembaca sasaran dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru. Buku ini dirancang untuk mempermudah guru memahami capaian pembelajaran yang ada pada kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru sehingga para guru dapat merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut. 

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM digunakan untuk memandu para pembaca dalam memahami proses pembelajaran yang mendorong tercapainya capaian pembelajaran elemen dasar-dasar Literasi melalui kegiatan pembelajaran yang bermuatan Literasi dan STEAM. Sasaran utama buku ini adalah para guru/pendidik PAUD, namun buku ini perlu juga dibaca dan dipahami oleh para pengelola/kepala sekolah, para penilik/pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD.

Pembaca akan dipandu mulai dari memahami konsep Literasi dan STEAM, menerjemahkan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan tujuan kegiatan, Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermuatan Literasi dan STEAM, Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan pembelajaran, Sampai dengan melakukan asesmen terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Download Buku PAUD Panduan Guru Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka Untuk Guru Tahun 2022 ( UNDUH )

Itulah penjelasan singkat mengenai Buku Panduan Guru PAUD Kurikulum Merdeka Mengenai Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi dan Steam. Terima kasih, jangan lupa share.